Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jerry Massie Nilai Pemanggilan Cak Imin Murni Proses Hukum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat politik sekaligus direktur eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai bahwa pemanggilan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin oleh KPK adalah murni proses hukum.

“Saya dukung langkah KPK periksa Cak Imin yang terseret kasus TKI saat menjabat Kemenaker. Ini murni proses hukum, jangan dibengkokkan dan dimiringkan dengan membuat narasi politisasi,” kata Jerry Massie kepada Holopis.com, Kamis (7/9).

Dalam konteks ini, ia pun berharap agar Komisi Pemberantasan Korupsi menjalankan tugasnya secara profesional tanpa dipengaruhi oleh pihak mana pun.

“Saya yakin KPK akan bertindak adil sesuai fakta baik kasus kardus durian dan TKI,” ujarnya.

Ia menilai persoalan Cak Imin yang sudah menyatakan diri menjadi Cawapres Anies Baswedan hasil koalisi Partai NasDem dan PKB, Jerry melihat terlalu jauh jika dikaitkan dengan hal itu. Apalagi, penanganan perkara ini sudah ada sebelum Cak Imin melakukan deklarasi di Hotel Majapahit Surabaya tanggal 2 September 2023 itu.

“Jangan kaitkan dengan Pilpres. Saya percaya Ketua KPK akan melakukan tugasnya dengan baik tanpa intervensi,” tandasnya.

Jika memang ada fakta hukum dan minimal dua alat bukti yang kuat, KPK tak perlu risau jika nantinya harus menetapkan Cak Imin sebagai tersangka. Bagi dirinya, itu adalah bagian dari konsekuensi Cak Imin sebagai pejabat publik, di mana saat kasus itu berlangsung, keponakan almarhum Gus Dur itu merupakan Menteri Ketenagakerjaan.

“Kalau melanggar dan bersalah tetap terima konsekuensi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jerry Massie juga mengatakan bahwa seandainya Cak Imin menjadi tersangka, tentu akan menambah catatan buruk bagi sistem politik di Indonesia. Karena akan menambah daftar panjang Ketua Umum partai politik yang terjerat kasus korupsi.

“Jika Cak Imin ditersangkakan KPK, maka akan menambah Ketum Parpol yang tersandung korupsi seperti mantan Ketua Golkar Idrus Marham, Setya Novanto, Ketua PPP Rommy Romahurmuzy dan Ketua Demokrat Anas Urbaningrum,” pungkasnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Cak Imin hari ini telah memenuhi undangan tim penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus yang terjadi di lingkungan Kemnaker. Cak Imin tiba di markas lembaga antikorupsi sekitar pukul 09.50 WIB.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru