BerandaNewsKesehatanPandu Riono Bilang Lidah Mertua Bukan Penjernih Udara

Pandu Riono Bilang Lidah Mertua Bukan Penjernih Udara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI), dr Pandu Riono mengatakan, bahwa belum ada jurnal dan bukti ilmiah yang membuktikan bahwa tanaman lidah mertua adalah alat yang efektif untuk membunuh racun dan membersihkan udara.

“Tidak ada bukti ilmiah bahwa tanaman yang sering disebut ‘lidah mertua’ dapat memurnikan udara beracun akibat polusi yang sangat buruk tersebut,” kata Pandu dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (4/9).

Ia meminta agar masyarakat tidak cepat percaya dengan informasi adanya kabar tersebut.

“Jangan cepat percaya, walaupun itu dinyatakan oleh akademis,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Hal ini sebagai respons atas hasil diskusi yang diselenggarakan oleh Risk Communication and Community Engagement. Sebab ia tak ingin masyarakat sekadar menelan informasi mentah sebelum ada pembuktian ilmiahnya.

Sebagai catatan Sobat Holopis, bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa lidah mertua (Sansevieria trifasciata), juga dikenal sebagai tanaman lidah mertua, dapat secara signifikan menyerap udara kotor.

Lidah mertua adalah tanaman hias yang populer dalam ruangan karena tahan terhadap kondisi lingkungan yang tidak ideal, seperti cahaya rendah dan kurangnya perawatan. Beberapa orang mungkin salah paham mengenai kemampuan tanaman ini untuk membersihkan udara.

Meskipun tanaman hias dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menyerap sedikit polutan dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis, kemampuan mereka untuk membersihkan udara secara signifikan terbatas.

Untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan, terutama bahan-bahan kimia berbahaya dan partikel halus, biasanya diperlukan sistem ventilasi yang baik, pemilihan peralatan yang tepat, dan tindakan lainnya seperti menggunakan purifier udara.

Jadi, sementara tanaman lidah mertua bisa menjadi tambahan yang menarik untuk dekorasi rumah Anda dan dapat memberikan beberapa manfaat kecil bagi kualitas udara dalam ruangan, mereka tidak bisa diandalkan sebagai satu-satunya cara untuk membersihkan udara dari polusi.

Langkah-langkah lain seperti mengurangi sumber polusi dan menggunakan peralatan pemurnian udara mungkin lebih efektif untuk tujuan ini.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS