Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizLuhut Sebut Transisi Energi Jadi Peluang Bagi Ekonomi ASEAN

Luhut Sebut Transisi Energi Jadi Peluang Bagi Ekonomi ASEAN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bahwa transisi energi merupakan tantangan yang tidak mudah untuk dihadapi.

Namun di sisi lain, transisi energi juga disebut Luhut menjadi peluang besar bagi ASEAN untuk menjadi kawasan dengan perekonomian kuat. Hal itu disampaikan Luhut dalam acara pembukaan The ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023.

“Transisi energi adalah tantangan dan peluang bagi ASEAN, yang menyiratkan transformasi seutuhnya dalam memproduksi, mengonsumsi, dan mengalokasikan sumber daya,” jelas Luhut dalam acara tersebut yang dikutip Holopis.com, Minggu (3/9).

Luhut mengatakan, eergi terbarukan, kendaraan listrik, penyimpanan energi, critical minerals, dan carbon offset merupakan peluang dalam transisi energi yang perlu mendapat perhatian.

Menurutnya, ASEAN baik dari pihak swasta maupun pemerintah perlu lebih banyak kolaborasi. Dalam hal ini, pihak swasta mengisi kekosongan dalam hal pendanaan bagi proyek yang dijalankan. Sedangkan pihak pemerintah berperan dalam hal kebijakan.

“Untuk memanfaatkan peluang ekonomi yang sangat besar di ASEAN, kita tidak dapat melakukannya sendiri. Mengandalkan dana publik saja tidak akan cukup untuk mempercepat upaya kita atau membiayai semua proyek kita secara memadai. Kami yakin potensi ekonomi ASEAN akan dapat kita lihat di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Luhut menuturkan, negara-negara ASEAN mempunyai potensi besar untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Menurutnya, kerja sama yang kuat antara pemerintah dan dunia usaha, dapat mewujudkan visi sentralitas ASEAN.

“ASEAN Indonesia 2023 akan menjadi katalisator untuk memfasilitasi investasi yang saling menguntungkan dan berkelanjutan peluang di negara-negara ASEAN. Kami akan terus memperjuangkan kolaborasi, menghilangkan hambatan, dan menciptakan lingkungan kondusif bagi kemintraan dan kemajuan ASEAN,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).