Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Apakah Makan Sebelum Tidur Itu Buruk? Begini Faktanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Banyak orang berpikir bahwa makan sebelum tidur tidak baik. Pandangan ini sering kali muncul karena kepercayaan bahwa makan sebelum tidur bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Namun, ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa makan camilan sebelum tidur bisa mendukung upaya diet penurunan berat badan.

Sampai saat ini, perdebatan tentang makan sebelum tidur juga masih menjadi topik menarik. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa makan sebelum tidur bisa menyebabkan penambahan berat badan, karena metabolisme cenderung melambat saat kita tidur. Ini dapat membuat kalori lebih mungkin disimpan sebagai lemak.

Namun, ada pandangan lain dari beberapa ahli kesehatan yang menyatakan bahwa makan sebelum tidur tidak masalah dan bahkan bisa meningkatkan kualitas tidur atau membantu dalam penurunan berat badan. Jadi, yang benar gimana sih?

Dikutip Holopis.com dari Healthline, Rabu (30/8), kebanyakan orang hanya fokus pada waktu makan. Faktanya, ‘apa dan seberapa banyak’ yang sobat Holopis makan, jauh lebih penting daripada ‘kapan’ sobat Holopis memulai memakannya.

Secara fisiologis, kalori tidak dihitung lebih banyak pada malam hari daripada pada waktu lain. Prinsip dasar peningkatan berat badan adalah ketidakseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran kalori.

Oleh karena itu, dengan makan di malam hari tidak akan secara langsung menyebabkan peningkatan berat badan jika sobat tetap mengkonsumsi kalori sesuai dengan kebutuhan harian.

Tidak ada salahnya jika sobat Holopis makan di malam hari sebelum tidur, selama mampu membatasi jumlah kalori yang masuk. Yang mempengaruhi berat badan adalah pilihan makanan yang buruk dan asupan kalori yang berlebihan.

Terlepas dari waktu makan, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat pada malam hari sebelum tidur dapat berdampak negatif pada berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, meskipun waktu makan itu penting, pilihan makanan dan keseimbangan asupan kalori tetap menjadi faktor yang lebih signifikan dalam menjaga berat badan yang sehat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru