Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cara Cek Daftar Caleg Sementara DPR, DPD dan DPRD Pemilu 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemilu 2024 sudah di depan mata. Masih ada waktu hingga 25 November 2023 bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) merampungkan proses pencalonan anggota legislatif. Baik untuk DPR RI, DPD RI maupun DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Setidaknya, tercatat di KPU bahwa ada 9.919 dari 24 partai politik yang bakal ikut berkompetisi dalam Pemilu 2024. Mereka datang dari kalangan profesional, kader partai, pengusaha hingga aktivis dan lintas profesi lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Ketua Divisi Teknis KPU Idham Kholid, bahwa 37,11 persen bacaleg adalah kaum perempuan, sementara 62,89% adalah bacaleg laki-laki.

Bagi masyarakat yang penasaran siapa sih bacaleg yang sudah terdaftar dan dianggap memenuhi syarat oleh KPU. Anda bisa melihatnya di portal infopemilu milik KPU. Caranya adalah sebagai berikut ;

1. Klik infopemilu.kpu.go.id
2. Pilih Tahapan Pemilu
3. Pilih sesuai keinginan. Ada pencalonan DPD, Pencalonan DPR RI, Pencalonan DPRD Provinsi dan Pencalonan DPRD Kabupaten/Kota
4. Pilh Daftar Calon Sementara
5. Silakan cari bacaleg berdasarkan Dapil atau pencarian berdasarkan nama.

Anda juga bisa memberikan laporan kepada KPU terkait dengan bacaleg yang sudah terdaftar. Caranya gunakan tombol Tanggapan di kolom bacaleg, dan Anda akan diarahkan ke halaman Form Tanggapan Masyarakat. Silakan isi saja identitas dan bentuk laporan Anda.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PPP Tak Lolos Parlemen, Mardiono Janji Tanggung Jawab Penuh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menegaskan akan bertanggung jawab atas ditolaknya gugatan yang diajukan PPP terkait sengketa Pemilu 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Mardiono Kecewa PPP Tak Lolos Parlemen

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan PHPU Pileg yang diajukan oleh pihaknya.

Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru