Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi : Kekayaan Alam Bisa Bikin Kita Jadi Bangsa Pemalas!

Jokowi : Kekayaan Alam Bisa Bikin Kita Jadi Bangsa Pemalas!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyinggung kondisi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia yang sangat melimpah, namun tidak digunakan dengan cara yang kurang tepat.

Dalam pidatonya di Sidang Tahunan DPR RI, Jokowi pun kemudian mendorong peran sektor ekonomi hijau dan hilirisasi sebagai kesempatam meraih kemajuan.

“Karena Indonesia sangat kaya sumber daya alam, termasuk bahan mineral, hasil perkebunan, hasil kelautan, serta sumber energi baru dan terbarukan,” kata Jokowi dalam pidatonya seperti dikutip Holopis.com, Rabu (16/7).

Namun, kekayaan alam itulah kemudian yang bisa menjadi bumerang dan membuat bangsa Indonesia menjadi pemalas dan hanya bisa menerima seadanya.

“Kaya sumber daya alam (SDA) saja tidak cukup. Jadi pemilik saja juga tidak cukup. Karena itu akan membuat kita menjadi bangsa pemalas, yang hanya menjual bahan mentah kekayaannya tanpa ada nilai tambah, tanpa ada keberlanjutan,” bebernya.

Jokowi pun menegaskan, di sisa kepemimpinannya, Indonesia jangan sampai kembali seperti itu. Itulah kemudian yang selalu menjadi alasan Jokowi selalu menyerukan hilirisasi setiap kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

“Saya ingin tegaskan, Indonesia tidak boleh seperti itu. Indonesia harus menjadi negara yang juga mampu mengolah sumber dayanya, mampu memberikan nilai tambah, dan menyejahterakan rakyatnya,” tegasnya.

“Dan, ini bisa kita lakukan melalui hilirisasi, yang sudah ratusan kali saya sampaikan, puluhan kali saya sampaikan,” sambungnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.