Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mushaf Alquran Salah Cetak, Berita Lama dan Bukan Cetakan Kemenag

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama Republik Indonesia, Ahmad Fauzin menjelaskan, bahwa pihaknya mencatat foto yang sama seperti ini setidaknya sudah beredar empat kali di media sosial. Foto tersebut kali pertama beredar pada April 2022, lalu viral kembali pada Oktober 2022.

Foto tersebut adalah kesalahan cetak mushaf Alquran yakni di dalam Surat Al Kahfi ayat 8 yang seharusnya menggunakan huruf ع namun diganti ه.

“Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama telah memberikan penjelasan sejak kali pertama foto ini beredar pada April 2022,” kata Ahmad Fauzin di Jakarta, Minggu (13/8) seperti dikutip Holopis.com.

Menurutnya, Mushaf Alquran yang di dalamnya ada kesalahan cetak ayat 8 surat Al-Kahfi itu bukan cetakan dari Kementerian Agama, melainkan pesanan Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) kepada penerbit Mulia Abadi Bekasi.

“Mushaf tersebut tidak melalui proses pentashihan di LPMQ. Adapun Surat Tanda Tashih yang tercantum dalam mushaf tersebut adalah Surat Tanda Tashih untuk mushaf Ar-Rahman milik penerbit Mulia Abadi Bekasi,” jelas Ahmad Fauzin mengutip kembali siaran pers LPMQ yang diedarkan pada 13 April 2022.

Dijelaskan Ahmad Fauzin, berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 44 Tahun 2016 tentang Penerbitan, Pentashihan dan Peredaran Mushaf Al-Qur’an, LPMQ sesuai dengan kewenangannya, sejak April 2022, telah menyampaikan teguran dan peringatan serta memerintahkan untuk melakukan penarikan dan melarang mushaf tersebut untuk diedarkan.

Namun jika seandainya masyarakat menemukan adanya mushaf Alquran tersebut di kalangan masyarakat, ia berharap agar bisa segera dilaporkan kepada Kementerian Agama untuk bisa ditindaklanjuti segera.

“Jika masyarakat masih menemukan mushaf Al-Qur’an yang terdapat kesalahan tersebut, agar segera melaporkannya kepada LPMQ dan mengirimkan mushaf tersebut kepada penerbit Mulia Abadi yang beralamat di Jalan Mughni Raya, No. 107, Jatimekar, Jatiasih, Bekasi, Telepon (021) 84904159, WA 0811165370, email: [email protected], untuk diganti dengan mushaf Al-Qur’an yang sudah benar,” jelas Fauzin.

F3VWsIPa8AAEA2D

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru