HOLOPIS.COM, JAKARTA – Water birth merupakan salah satu metode melahirkan yang saat ini diminati oleh banyak ibu hamil karena dikabarkan dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Simak penjelasan mengenai apa itu metode water birth serta manfaatnya yang telah Holopis.com rangkum dari Hellosehat, Jumat (11/8).

Water birth merupakan metode alternatif persalinan selain metode per vaginam atau yang biasa disebut melahirkan secara normal dan operasi caesar yang dilakukan dengan cara melakukan proses persalinan di dalam air.

Selama prosedur dilakukan, ibu akan berendam dengan posisi yang nyaman di dalam sebuah kolam kecil atau bak yang berisi air hangat.

Penggunaan air bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan mempermudah proses melahirkan. Water birth dilakukan secara alami yang dimana ibu tidak akan diberi obat-obatan serta anestesi.

Proses persalinan yang dilakukan di dalam air dapat membantu ibu menurunkan tekanan darah sehingga membantu menurunkan kadar stres dan kecemasan serta dapat meningkatkan produksi endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit ibu saat akan melahirkan.

Air juga dapat membuat lapisan perineum pada vagina ibu lebih elastis, sehingga dapat mengurangi risiko robeknya vagina dan air juga dapat membuat bayi merasa lebih nyaman karena berada di lingkungan yang serupa dengan cairan ketuban.

Namun, perlu sobat Holopis ketahui bahwa proses persalinan water birth tidak diperuntukkan oleh beberapa ibu hamil yang memiliki kondisi tertentu, seperti ibu yang masih berumur di bawah 17 tahun atau lebih dari 35 tahun, sedang hamil kembar dua, tiga atau lebih, melahirkan sebelum waktu yang ditentukan atau prematur dan yang posisi bayinya sungsang sehingga diperlukannya operasi caesar.