HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berpergian menggunakan naik kendaraan umum saat hamil mungkin akan membuat khawatir sebagian bumil. Apalagi bila ditambah pengalaman hamil yang cukup berat, misalnya merasa mual dan cepat lelah. Tidak hanya itu, ada juga rasa khawatir tidak dapat tempat duduk.

Namun, kehamilan bukanlah penghalang bagi ibu untuk tetap aktif bekerja serta melakukan kegiatan setiap harinya. Meski begitu, ibu hamil harus tetap ekstra hati-hati saat ingin naik kendaraan umum. Pasalnya jalan raya atau cara sopir mengendarai kendaraan mungkin saja dapat membahayakan kesehatan bumil maupun janin.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja tips aman naik saat akan naik kendaraan umum bagi ibu hamil. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Halodoc, Jumat (11/8).

Tips Naik Taksi Online

Berpergian menggunakan taksi online tentu jauh lebih nyaman, karena ibu hamil tidak perlu berbagi tempat duduk dengan orang lain. Sehingga jauh lebih leluasa, berikut ini beberapa tips keselamatan yang perlu dilakukan bumil saat naik taksi online seperti, menggunakan sabuk pengaman guna menjaga keselamatan dan menahan tubuh bila sewaktu-waktu mobil ngerem, pastikan agar sabuk pengaman tidak dipasang diatas perut namun dibawah perut agar perut tidak tertekan, serta mengatur posisi kursi yang nyaman.

Tips Naik Bus Umum

Bila kondisi mengharuskan ibu hamil naik bus umum, maka sebaiknya berhati-hati. Sebab, bisanya kondisi dalam bus ramai dan bus tidak menyediakan sabuk pengaman. Berikut ini beberapa tips aman bumil naik bus umum, seperti saat ingin naik atau turun pastikan dahulu bus sudah berhenti dengan sempurna, usahakan duduk di bangku bagian tengah karena diyakini lebih aman, usahakan untuk tidak berdiri dalam bus agar bumil tidak jatuh jika bus rem mendadak, hindari membawa barang bawaan berat karena dapat membuat punggung bumil terasa pegal, serta selalu siapkan hand sanitizer dalam tas agar tangan bumil tetap bersih dan terhindar dari penyakit.

Tips Naik Motor

Berpergian menggunakan motor merupakan hal yang paling dikhawatirkan, hal ini karena guncangan keras di motor bisa membahayakan ibu maupun janin. Namun, dirasa kondisi kehamilan ibu cukup kuat, perhatikan beberapa tips berikut bila ingin aman saat bepergian menggunakan motor seperti, memberitahu sopir untuk tidak mengebut atau minta untuk ia agar mengendarai motor dengan kecepatan yang lambat, ingatkan sopir juga untuk ekstra berhati-hati dalam berkendara dengan menghindari lubang.