Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tema dan Sejarah Hari Konservasi Alam Nasional, 10 Agustus

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) diperingati pada tanggal 10 Agustus di setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.

Ada pun tujuan lainnya yakni turut serta mengajak masyarakat untuk secara aktif berperan dalam menyelamatkan ekosistem alam.

Lantas, apa tema yang diusung untuk tahun ini? Dan, seperti apa sejarahnya? Berikut ulasannya.

Sejarah Hari Konservasi Alam Nasional

Hari Konservasi Alam Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009, di mana hari peringatannya jatuh di tanggal 10 Agustus di setiap tahunnya.

Dilansir dari Direktorat Jenderal KSDAE KLHK, konservasi alam Indonesia sebenarnya telah dirintis saat masa Hindia-Belanda pada tahun 1937 saat Gubernur Jenderal Hindia Timur meresmikan unit konservasi alam pemerintahan milik kolonial Hindia-Belanda.

Pelembagaan konservasi alam tersebut secara langsung diinisiasi oleh orang Belanda yang lahir di Bandung bernama Dr. Sijfert Hendrik Koorders.

Dr. Sijfert Hendrik Koorders kemudian mendidikan sebuah organisasi yang dinamakan Netherlandsch Indische Veerenigin tot Natuurbescherming pada tahun 1912.

Dari apa yang diinisiasi tersebut, berkumpul lah para pecinta alam untuk menyuarakan mengenai pentingnya pelestarian flora dan fauna Hindia-Belanda kala itu.

Apa yang mereka publikasikan bertujuan untuk mendorong pemerintah Hindia-Belanda untuk melakukan konservasi ekosistem meliputi flora dan fauna.

Dengan adanya Netherlandsch Indische Veerenigin tot Natuurbescherming, tercetuslah penetapan 12 lokasi cagar alam, yang di antaranya beberapa danau di Banten, Pulau Panaitan, Laut Pasir Bromo, Semenanjung Purwo, Banten, Pulau Nusa Barung hingga Kawah Ijen.

Pada tahun 1937, kemudian didirikan lembaga konservasi Hindia-Belanda bernama Natuur Bescherming Afseling Ven’s Lands Flantatuin.

Masuk pada tahun kemerdekaan Indonesia tahun 1945, konservasi alam tetap dilakukan pemerintah, di mana peran dan kebijakannya di bawah pemerintah Indonesia, bahkan hingga kini.

Di bawah payung UU Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan, dalam hal ini Indonesia membagi fungsi hutan menjadi tiga bagian, yakni fungsi konservasi, fungsi lindung dan fungsi produksi.

Selain itu, ada pun pembatasan apabila mengacu pada kepentingan ekonomi, di mana hal tersebut hanya bisa dilakukan di kawasan hutan lindung dan hutan produksi.

Sementara, hutan konservasi diperuntukkan sebagai bagian dari upaya pelestarian ekosistem flora dan fauna sahaja.

Tema Hari Konservasi Alam Nasional

Dikutip Holopis.com dari unggahan Instagram HKAN @harikonservasialamnasional, Kamis (10/8), Hari Konservasi Alam Nasional tahun ini mengusung tema ‘Hapungkal Himba Kalingu’ yang berarti ‘Jiwa yang Damai dalam Harmoni Rimba Belantara’.

Untuk peringatannya itu sendiri rencananya akan digelar di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, Kalimantan Tengah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru