HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mendorong agar kesadaran penggunaan batik bisa terus ditingkatkan oleh masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi usai menghadiri acara Istana Berkebaya di kawasan Istana pada Minggu (6/8).

“Ya, kita ini kan ingin mengenalkan kembali (kebaya) agar kita kembali kepada karakter dan kepribadian Indonesia, karena sekali lagi karena kebaya adalah karakter masyarakat khususnya wanita Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan dan bersahaja,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun ingin agar penggunaan batik dan kebaya bisa semakin dimasifkan di seluruh Indonesia.

“Ini harus terus dilakukan dengan gencar tidak hanya di Jakarta tetapi juga di daerah-daerah, karena setiap daerah juga ada. Ada kebaya encim di Jakarta, ada kebaya sunda, kebaya Jawa, kebaya Kalimantan, kebaya Sulawesi, Sumatera, semua ada kebaya,” urainya.

Dengan acara Istana Berkebaya yang telah berlangsung hari ini, Jokowi pun berharap makin banyak motif serta desain batik yang bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

“Ini kalau terus ditampilkan seperti ini kreasi baru, desain dan inovasi baru maka akan muncul, akan muncul warna berbeda, desain berbeda, dan warna-warni ini itulah Indonesia,” ujarnya.