Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ternyata Ini 3 Penyebab Penuaan Dini, Catat Cara Mencegahnya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri, penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada setiap orang seiring bertambahnya usia. Meski begitu, penuaan tidak hanya disebabkan oleh faktor alami semata, tetapi disebabkan juga oleh beberapa faktor lainnya.

Kondisi tersebut disebut sebagai penuaan dini atau premature aging, hal ini dapat membuat seseorang mengalami perubahan fisik tak sesuai usia, alhasil terlihat lebih tua. Mengalami penuaan dini tentu mempengaruhi kecantikan, sehingga menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Namun tak perlu khawatir, hal ini sebenarnya dapat dicegah sedini mungkin. Oleh karena itu simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja penyebab penuaan dini dan cara mengatasinya, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Jumat (4/8).

Penyebab Penuaan Dini

Kebiasaan Merokok

Jarang disadari, salah satu faktor penyebab penuaan dini adalah kebiasaan merokok. Hal ini karena, racun dalam asap rokok akan membuat kulit terserang stres oksidatif. Perlu diingat, stres oksidatif sendiri dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, tanpa terkecuali kulit. Adapun pada kulit kerusakan dari stres oksidatif dapat berupa kekeringan, kerutan, garis halus, hingga penuaan dini lainnya.

Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Beberapa orang kerap menerima paparan matahari secara berlebihan setiap harinya. Contohnya seperti orang-orang yang bekerja diluar ruangan, ataupun mereka yang gemar berjemur demi mendapatkan kulit eksotis. Perlu diingat hal ini sebenarnya perlu dibatasi, pasalnya paparan sinar UV yang berlebih dapat merusak DNA pada sel kulit. Alhasil, kulit berpotensi mengalami masalah seperti, kerutan sebagai bentuk penuaan dini.

Pengaruh Genetik

Terdapat beberapa kondisi genetik langkah yang dapat sebabkan seseorang menunjukkan tanda-tanda penuaan di masa kanak-kanak, dan pubertas dini atau progeria. Tak hanya itu, perlu diketahui bahwa sindrom werner juga dapat menyebabkan kulit keriput, kebotakan, dan rambut beruban yang berkembang antara usia 13 hingga 30 tahun.

Pencegahan Penuaan Dini

Ada beberapa faktor penyebab penuaan dini yang sebenarnya dapat dicegah, namun faktor lain seperti genetik, sama sekali tak dapat dicegah. Berikut ini beberapa faktor penuaan dini yang dapat dicegah :

1. Menggunakan tabir surya
2. Menghapus riasan
3. Tidur cukup
4. Konsumsi makanan sehat
5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh / tetap terhidrasi
6. Rutin berolahraga
7. Berhenti merokok

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru