BerandaNewsKesehatanWaspada! Kenali Gejala Tifus Sebelum Terlambat

Waspada! Kenali Gejala Tifus Sebelum Terlambat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tifus merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Meskipun tifus adalah penyakit umum yang dapat disembuhkan sendiri di rumah, bukan berarti anda boleh menyepelekan kondisi penyakit ini. Pasalnya, jika tidak ditangani dengan segera dan menggunakan cara yang tepat maka tifus dapat menimbulkan komplikasi yang berakibat fatal.

Tifus atau demam tifoid merupakan kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi, penyakit ini diketahui sangat menular. Banyak penderitanya yang tertular lantaran, mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhi. Walaupun jarang terjadi, namun anda juga bisa tertular tifus jika terpapar urine yang telah terinfeksi bakteri tersebut.

Adapun beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena tifus yaitu, tinggal di tempat dengan sanitasi yang buruk, memakan sayuran organik menggunakan pupuk dari kotoran manusia yang terkontaminasi, mengkonsumsi produk susu yang telah terkontaminasi, bakteri yang masuk ke dalam tubuh bila anda menyentuh mulut sebelum mencuci tangan setelah buang air besar, dan melakukan seks oral dengan pengidap tifus.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja gejala yang dapat ditimbulkan dari gangguan kesehatan tifus, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Jumat (4/8).

Penerbit Iklan Google Adsense

Gejala Tifus

Perlu diketahui, gejala penyakit tifus baru akan muncul kira-kira dua minggu setelah bakteri berhasil masuk ke dalam tubuh atau bisa juga lebih cepat, yaitu setelah tiga hari terinfeksi. Jika bakteri Salmonella typhi berkembang biak di saluran pencernaan maka gejala-gejala yang ditimbulkan seperti demam, sakit perut, sembelit, dan diare akan muncul.

Selain itu, muncul juga gejala lainnya yang mungkin dialami pengidapnya yaitu nyeri otot, sakit kepala, tak enak badan, merasa lelah, tidak nafsu makan, dan berat badan menurun. Sebaiknya jangan menganggap remeh tifus dan segera diobati bila anda telah mengalami gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya.

Hal ini karena, jika tak diobati maka bakteri Salmonella typhi bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Tidak hanya itu, bakteri yang menyebar juga berpotensi merusak organ dan jaringan dalam tubuh, serta sebabkan komplikasi serius.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS