BerandaNewsRagamMendagri Sebut 6 Orang Meninggal di Kabupaten Puncak Akibat El Nino

Mendagri Sebut 6 Orang Meninggal di Kabupaten Puncak Akibat El Nino

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dampak El Nino di Indonesia, menurut Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Tito Karnavian sudah mulai dirasakan. Salah satunya yang terjadi di Puncak hingga Papua Tengah.

Tito mengatakan, disana sudah terjadi kekeringan yang menyebabkan gagal panen hingga menimbulkan korban jiwa.

“Sudah terjadi di Kabupaten Puncak. Terjadi kekeringan, gagal panen dan 6 warga meninggal di sana,” katanya dalam acara Penyerahan Insentif Fiskal yang disiarkan secara langsung lewat Kanal Youtube Kementerian Keuangan RI yang dikutip Holopis.com, Senin (31/7).

Mantan Kapolri itu mengungkapkan, telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Ia menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi karena adanya masalah suplai pangan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Masalah tersebut diakibatkan, kekeringan yang terjadi sehingga terjadi gagal panen yang berimbas kebutuhan pangan masyarakat tidak dapat terpenuhi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta para memteri untuk bersiap dalam menghadapi dampak El Nino.

Kemarau panjang juga berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta berpotensi memicu kekeringan. Jokowi juga meminta jajarannya mewaspadai potensi tersebut.

Jokowi juga mengungkapkan, jika pemerintah sudah menyiapkan infrastruktur yang mendukung pasokan air bagi masyarakat. Sudah ada 5.000 embung dan 38 bendungan yang selesai dibangun untuk menjaga pasokan air.

Sain itu, Jokowi juga minta agar pasokan air dikelola dengan baik di embung dan bendungan yang sudah dibangun.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tahun Baru Islam Libur Nasional? Begini Ketentuannya

Biasanya, pemerintah menetapkan perayaan keagamaan seperti tahun baru Islam sebagai sebagai libur nasional. Lantas, apakah tahun baru Islam 1446 Hijriah masuk dalam daftar hari libur nasional?

Menag Ajak Umat Jadikan Tahun Baru Islam Semangat Hijrah

Menag mengajak untuk menjadikan semangat tahun baru ini sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan perbaikan diri.

Rekomendasi Oleh-oleh di Jakarta Fair 2024 Untuk Dibawa Pulang

Jakarta Fair Kemayoran 2024 masih berlangsung, masih banyak yang bisa dikunjungi. Salah satunya, yakni oleh-oleh yang bisa didapatkan tanpa perlu jauh-jauh ke kota asalnya.

Puslabfor Masih Menyelidiki Kebakaran Revo Mall Bekasi

Bekasi,Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji menyebutkan bahwa penyebab kebakaran Revo Mall yang terjadi pada Sabtu 22 Juni 2024 lalu belum diketahui,Untung juga menyebut...

Heru Akan Pasang Kembali Papan Plang Jakhabitat Yang Hilang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Papan plang Jakhabitat era Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rusunami Cilangkap, Jakarta Timur hilang. Hilangnya papan tersebut sempat diunggah...

Pj. Gubernur Heru Tinjau Sembako Murah di Bintaro

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kegiatan sembako murah di Bintaro, (5/7). Didampingi Kepala Biro Kerja Sama Daerah...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS