BerandaNewsEkobizPerkuat Audit Eksternal, BPK Kerjasama dengan Organisasi International

Perkuat Audit Eksternal, BPK Kerjasama dengan Organisasi International

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam rangka memperkuat kredibilitas anggaran melalui audit eksternal, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pengembangan buku sebagai panduan terkait kontribusi lembaga pemeriksa atau SAI bersama International Budget Partnership (IBP) dan Division for Public Institutions and Digital Government of the United Nations Department for Economic and Social Affairs (DPIDG/UNDESA).

Terdapat enam faktor yang dianggap penting dalam kontribusi memperkuat kredibilitas anggaran berdasarkan pengalaman di Indonesia.

“SAI harus memanfaatkan dampak audit mereka dengan memantau dan mendorong tindak lanjut oleh entitas yang diaudit” ucap Ketua BPK, Isma Yatun (26/07) sebagaimana dikutip Holopis.com.

Selanjutnya, SAI juga diharapkan memiliki mandat yang jelas dalam pemeriksaan keuangan negara, termasuk kredibilitas dalam pengelolaan keuangan publik (atau PFM).

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain Melakukan Pemaparan kepada SAI, buku panduan nantinya dapat menginformasikan analisis kredibilitas anggaran sekaligus mengilustrasikan pekerjaan audit.

“penting untuk memiliki kerangka data dan akuntabilitas yang tepat” lanjutnya.

Sehingga, dalam pelaksanaan sebagai langkah untuk memenuhi mandat, hal tersebut juga bisa mengembangkan strategi dan rencana audit untuk mengatasi kelangkaan sumber daya yang mencapai cakupan audit yang luas.

“SAI harus berkontribusi pada pencapaian SDGs” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS