KULINER : Horog-horog, Makanan Tradisional Khas Kota Ukir Jepara

HOLOPIS.COM, JEPARA – Horog-horog merupakan salah satu dari sekian banyak makanan tradisional yang patut Sobat Holopis coba saat berkunjung ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng).

Meskipun memiliki nama yang cukup aneh di telinga, namun rasa daripada makanan tradisional ini patut diacungi jempol. Apalagi jika disantap dengan menu lain, seperti bakso, pecel ataupun sate cecek.

Dewasa ini, horog-horog sudah menjadi makanan yang langka, karena hanya bisa ditemui di Jepara. Sedangkan di wilayah lain, nyaris tidak ditemukan pedagang makanan khas Kota Ukir ini.

Wajar saja, horog-horog sendiri merupakan makanan pengganti nasi yang pada masa kolonial, menjadi makanan utama masyarakat pribumi yang tidak mampu membeli beras.

Selain itu, proses pembuatannya pun cukup terbilang panjang dan lama. Yakni dimulai dari pengerukan sagu dari batang aren, yang kemudian sagu tersebut dibuat menjadi tepung aren, dengan cara dikeringkan dengan bantuan abu diletakkan di atas adonan.

Adonan selanjutnya dikukus secara kering hingga berbentuk gumpalan-gumpalan kecil. Pengukusan ini pun tak hanya dilakukan sekali, melainkan berkali-kali hingga terbentuk gumpalan kristal dengan tekstur kenyal.

Jika melihat proses pembuatannya yang terbilang panjang, harga yang dibanderol untuk sebungkus horog-horog bisa dikatakan sangatlah murah, yakni hanya Rp2.000 saja.

Kendati demikian, horog-horog mempunyai kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Sehingga wajar jika masyarakat Jepara menjadikan makanan satu ini sebagai bahan pangan alternatif.

Di Jepara sendiri, terdapat beberapa desa yang menjadi sentra pembuatan horog horog, diantaranya yakni Desa Bugel, Menganti dan Plajan. Jika Sobat hanya ingin menikmati makanan satu ini, bisa mengunjungi pasar sore Karangrandu yang berada di Kecamatan Pecangaan, Jepara

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Jangan Sepele, Tempe Ternyata Punya Banyak Khasiat Baik untuk Tubuh

Siapa sih masyarakat Indonesia yang tidak pernah makan tempe? Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang saat ini kesehatannya sudah diakui dunia.

Punya Asam Lambung? Ini 4 Alasan Harus Hindari Makanan Pedas

Berbagai makanan tradisional Indonesia memang dipenuhi dengan makanan-makanan pedas yang menggungah selera. Karena itulah, mengonsumsi masakan pedas biasanya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

RESEP : Gado-gado, Salad Khas Nusantara

Gado-gado merupakan hidangan salad khas Nusantara yang tentunya memiliki rasa yang memanjakan, sekaligus mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia.

RESEP : Nasi Uduk Gurih, Cocok Jadi Santap Sarapan Istimewa

Pagi hari di Indonesia tak lengkap tanpa mencicipi hidangan sarapan istimewa. Salah satu menu favorit yang selalu dirindukan adalah nasi uduk.

RESEP : Apem, Sajian Istimewa untuk Berbagai Momen

Apem merupakan kue tradisional yang digemari banyak orang karena teksturnya yang lembut, rasa manisnya yang pas, dan aromanya yang harum.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...