BerandaHistoryHari Bakti TNI AU Untuk Kenang Penerbang yang Gugur Dalam Misi Kemanusiaan

Hari Bakti TNI AU Untuk Kenang Penerbang yang Gugur Dalam Misi Kemanusiaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Bakti TNI AU (Angkatan Udara) diperingati setiap tanggal 29 Juli, untuk mengenang jasa para pahlawan dalam peristiwa serangan ke pangkalan militer Belanda pada tahun 1947.

Dikutip Holopis.com dari laman tni-au.mil.id, Jumat (28/7), tanggal 29 Juli merupakan hari bersejarah TNI AU dimana beberapa penerbang handal Angkatan Udara (Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh.

Kemudian Komodor Muda Udara A. Adisutjipto dan Opsir Muda Udara Adi soemarmo, gugur dalam misi kemanusiaan membawa bantuan alat kesehatan dan kemanusiaan untuk Rakyat Indonesia akibat pesawat Dakota VT CLA yang ditumpanginya ditembak jatuh oleh pesawat Belanda.

Peristiwa tersebut, berawal saat Belanda mengingkari perjanjian Linggarjati pada tanggal 21 Juli 1947 melalui Agresi Belanda I. Kemarahan para prajurit tersulut karena Belanda menyerang dan menghancurkan pangkalan TNI AU.

Penerbit Iklan Google Adsense

Pada tanggal 29 Juli 1947, prajurit TNI AU membalas dengan melakukan serangan ke pangkalan militer Belanda yang terletak di Salatiga dan Ambarawa. Serangan tersebut dipimpin oleh Kadet penerbang Sutardjo Sigit dan Suharnoko Harbani dengan mengendarai pesawat Chureng.

Tahun ini, Hari Bakti TNI AU ke-76 tahun mengangkat tema ‘Dengan Semangat Jiwa Patriot Hari Bakti 29 Juli 1947, TNI AU Bertekad untuk Semakin Profesional, Modern, dan Tangguh sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan’.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo rencananya akan menghadiri acara puncak peringatan ke-76 Hari Bakti TNI Angkatan Udara tanggal 29 Juli 2023 di Yogyakarta.

Kasau mengikuti Terbang Napak Tilas menggunakan pesawat Grob. Terbang Napak Tilas merupakan refleksi kepahlawanan para perintis Angkatan Udara yang rela berkorban demi bangsa dan negara, dengan melaksanakan operasi serangan udara balasan terhadap markas Belanda di Semarang, Salatiga dan Ambarawa, pada 29 Juli 1947 silam.

Setelah Terbang Napak Tilas, Kasau memimpin Upacara Peringatan ke-76 Hari Bakti TNI Angkatan Udara tahun 2023 di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS