HOLOPIS.COM, JAKARTA – Film dengan genre horor atau yang mengangkat tema berbau mistis kini semakin banyak, baik buatan dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri. Meski film horor selalu menghadirkan sosok yang menyeramkan dan membuat penonton ketakutan berhari-hari, namun tetap saja memiliki banyak peminatnya. Siapa sangkah, film dengan genre menyeramkan ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya memicu adrenalin, seseorang yang gemar menonton film horor juga biasanya merasa terhibur jika film yang ditontonnya berhasil membuat jantung berdebar dan nafas terengah-engah. Meski begitu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menonton film horor juga dapat berdampak buruk yaitu memicu terjadinya reaksi pembekuan darah dalam tubuh.

Namun tak perlu khawatir, tidak semua dampak yang diberikan film horor itu negatif. Hal ini karena, sebagian penelitian justru menunjukkan bahwa rupanya ada beberapa dampak baik dari menonton film horor. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui dampak-dampak baik tersebut, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Jumat (28/7).

Membantu Membakar Kalori

Siapa sangka, ternyata menonton film genre horor dapat membantu membakar kalori dalam tubuh anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Westminster, menonton film horor dengan durasi selama 90 menit dapat membakar 113 kalori. Adapun jumlah kalori tersebut setara dengan berjalan kaki selama 30 menit, semakin seram film horor yang anda tonton, maka akan semakin banyak kalori dalam tubuh yang dapat dibakar. Tak hanya itu, film horor juga diyakini sebagai salah satu cara untuk memacu adrenalin anda. Hormon ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga energi yang tersimpan dalam tubuh lebih cepat terbakar atau digunakan.

Mengurangi Stres

Manfaat menonton film horor yang satu ini mungkin terdengar aneh, karena banyak yang berpikir bahwa menonton film horor justru akan membuat penontonnya tambah stres. Namun jangan salah menurut Mark Griffith, professor perilaku kecanduan di Nottingham Trent University hal ini dapat terjadi karena banyak alasan. Salah satunya yaitu, ketika anda menonton film horor karena ingin merasakan sesuatu yang berbeda yang bahkan belum pernah anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, nonton film horor juga dapat menjadi salah satu cara melepaskan emosimu karena frustasi ataupun tekanan batin.

Baik bagi Kesehatan Otak

Perlu diketahui, menonton film horor diduga dapat memicu otak melepaskan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Tak hanya itu, adrenalin yang dilepaskan ketika anda menonton film horor juga memiliki efek anestesi mirip seperti obat. Senyawa inilah yang baik bagi kesehatan mental anda, karena dapat membantu mengurangi stres maupun kecemasan yang anda rasakan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seorang ahli imunologi di University College London bernama Natalie Riddell, menyatakan bahwa hormon adrenalin yang dihasilkan sebagai respon fight-or-fight ketika menonton film horor, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.