Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Gus Yaqut Minta Kepastian Hukum MA Soal Larangan Nikah Beda Agama

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa Gus Yaqut merespons perihal surat edaran dari Mahkamah Agung yang berisi larangan pencatatan nikah beda agama.

Gus Yaqut pun menekankan, yang terutama saat ini sebenarnya adalah kepastian hukum mengenai larangan pencatatan nikah beda agama oleh Pengadilan Negeri.

“Saya kira yang penting ada kepastian hukum dari MA,” kata Yaqut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (27/7).

Terlebih mengenai kontroversi mengenai putusan tersebut terhadap para pasangan beda agama yang telah lebih dulu dicatat pernikahannya oleh beberapa Pengadilan Negeri.

Yaqut pun mengungkapkan akan ada pembahasan lanjutan dengan beberapa pihak untuk membahas informasi tersebut. Pasalnya, dirinya mengaku masih ketinggalan informasi lengkap mengenai permasalahan tersebut.

“Selebihnya bagaimana kami elaborasi lagi nanti. Saya juga harus kaji dulu, nanti saya sampaikan juga itu ke publik,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, juru bicara Mahkamah Agung, Suharto mengakui, dalam Surat Edaran MA (SEMA) Nomor 2/2023 itu memang tidak mengatur lebih lanjut tentang anak yang dilahirkan dari pernikahan beda agama, maupun pasangan yang telah dicatatkan pernikahannya sebelum larangan tersebut dikeluarkan.

“SEMA tersebut tidak atau belum mengatur soal itu,” kata Suharto, Rabu (26/7).

Meski mengakui bahwa aturan tersebut tidak berlaku surut, Suharto hanya berharap akan ada langkah lanjutan dari SEMA yang telah mulai diberlakukan itu.

“Kita tunggu saja ke depannya apa masih ada yang mendaftarkan perkara permohonan pencatatan pernikahan antar umat beda agama atau tidak,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru