BerandaNewsPolhukamBNPT Bakal Gencarkan Desa Siap Siaga di Seluruh Indonesia

BNPT Bakal Gencarkan Desa Siap Siaga di Seluruh Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel memberikan penjelasan tentang pembentukan desa siap siaga yang akan dimasifkan ke seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, bahwa ada 3 (tiga) kriteria desa yang akan menjadi agen perdamaian dan penanggulangan terorisme bersama dengan pemerintah melalui BNPT. Pertama, adalah desa tersebut harus mampu menjaga moderasi beragama di lingkungan masyarakatnya.

“Kategorinya itu adalah desa Ini adalah, desa yang mampu menjaga moderasi beragama, menjaga toleransi,” kata Komjen Pol Rycko dalam keterangannya kepada Holopis.com di Jakarta Theater, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/7).

Kemudian, kriteria kedua adalah desa tersebut harus mampu menjaga kerukunan dan harmonisasi antara sesama masyarakatnya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penerbit Iklan Google Adsense

“Yang kedua, (desa) yang mampu menjaga kebhinekaan menjaga keharmonian,” ujarnya.

Kategori ketiga disampaikan Komjen Pol Rycko adalah, desa tersebut siap memastikan menolak semua praktik kekerasan, radikalisme dan sejenisnya.

“Ketiga, desa yang menolak paham kekerasan, paham radikal. Artinya kalau ada orang yang ngajak-ngajak kekerasan, ngajak-ngajak latihan perang, dan mereka bukan hanya menolak tapi langsung menangkap dan diserahkan kepada petugas,” jelasnya.

Lebih lanjut, kolaborasi aktif ini akan dilakukan tidak hanya dengan masyarakatnya saja, akan tetapi semua instrumen termasuk perangkat desa setempat.

“Perangkat desa serta seluruh masyarakat desanya,” lanjutnya.

Terkait dengan program Desa Siap Siaga ini, Rycko Amelza menyampaikan bahwa prototipe akan dilakukan dari kawasan Banten terlebih dahulu, sebagai akses wilayah terdekat. Jika program ini sukses, maka akan dimasifkan ke seluruh Nusantara.

“Kita mulai dari Banten dulu, ini kan baru mulai,” pungkasnya.

Adapun nantinya, akan ada 5 desa yang dijadikan sebagai pilot projek Desa Siap Siaga. Desa tersebut antara lain :

  1. Desa Pelamunan, Kecamatan Kramat watu, Kabupaten Serang.
  2. Desa Kuripansari, kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.
  3. Kelurahan Penatoi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima.
  4. Desa waringin sari, kec. sukoharjo, kab. pringsewu lampung.
  5. Desa Kebun Pedes, Kecamatan Kebun Pedes, Kabupaten Sukabumi.

Dari kelima desa tersebut, salah satu desa yakni Desa Pelamunan yang ada di Provinsi Banten, telah dikukuhkan sebagai Desa Siap Siaga.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Mahfud Md Sebut Orang yang Tak Terima Hasil Pemilu Tidak Beradab

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD menyinggung adanya pihak yang masih tidak terima dengan hasil Pilpres 2024.

Dwi Rio Sambodo Minta Tinjau Ulang Penonaktifan NIK di Jakarta

DPRD DKI Jakarta meminta kaji ulang terhadap teknis penonaktifan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sebab, pihak dewan menerima banyak aduan terkait hal tersebut.

Pengamat Imbau Penambahan Angkutan Umum Libatkan Bappenas dan Kemendagri

Djoko Setijowarno meminta kepada pemerintah dalam melakukan pembenahan angkutan umum tidak berhenti sampai tingkat Kementerian Perhubungan, sebab keterlibatan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Dalam Negeri juga diperlukan.

Bamsoet Anggap Tempo Tak Profesional Angkat Berita S2-nya

Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta semua jurnalis melakukan kegiatan profesinya secara profesional dan patuh pada kode etik jurnalistik (KEJ). Salah satunya terkait dengan pemberitaan dirinya yang dianggap telah terjadi pengaburan fakta oleh TEMPO Media Group.

Tok! Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan Dikabulkan Hakim, Polda Jabar Kalah Telak

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan atas status tersangka yang telah dilakukan oleh Ditreskrimum Polda Jawa Barat terkait kasus pembunuhan Vina dan Eky Cirebon.

Putusan Praperadilan Pegi Setiawan Dibacakan Hari Ini

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung dijadwalkan membacakan putusan praperadilan yang diajukannya, menentukan nasib Pegi dalam menghadapi proses hukum selanjutnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS