Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tutup Celah Korupsi, Jokowi Janji Perbaiki Sistem Pengadaan Barang dan Jasa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kabar perihal penetapan Kepala Basarnas (Kabasarnas), Marsdya Henri Alfiandi sebagai tersangka KPK, khususnya terkait sistem lelang dalam pengadaan barang dan jasa di Kementerian/Lembaga (K/L).

Pasalnya, sistem lelang tender melalui e-katalog yang sebelumnya diklaim sangat mampu mengantisipasi korupsi, namun nyatanya masih terdapat celah bagi oknum-oknum untuk melakukan tindak pidana korupsi.

Menanggapi hal itu, Jokowi memastikan pihaknya akan melakukan evaluasi dan akan terus melakukan perbaikan-perbaikan sistem, khususnya terkait pengadaan barang dan jasa di K/L.

“Iya (evaluasi), perbaikan-perbaikan sistem di semua kementerian dan lembaga terus kita perbaiki terus,” kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Kamis (27/7) yang dikutip Holopis.com.

Sebagai informasi Sobat Holopis, diduga telah menerima suap dari pengadaan proyek alat deteksi korban reruntuhan melalui sistem lelang e-catalog.

Menurut Jokowi, sistem e-katalog dalam pengadaan barang dan jasa di K/L sejauh ini telah mencatatkan perbaikan, salah satunya jumlah produk yang terdaftar di e-catalog.

Ia menyebut, jumlah produk di e-katalog tersebut sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 4 juta produk. Padahal sebelumnya hanya sekitar 10.000 produk.

“Artinya itu perbaikan sistem,” kata Jokowi.

Jokowi, pun mengingatkan kepada seluruh pihak terkait untuk tidak bermain-main dengan sistem yang ada, dan mencoba mengambil sesuatu yang bukan haknya.

“Kalau memang ada yang melompati sistem dan mengambil sesuatu dari situ, kalau terkena OTT ya hormati proses hukum,” tegas Jokowi.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Kepala Basarnas, Marsdya TNI Henri Alfiandi sebagai tersangka suap.

Henri diduga telah menerima suap dari pengadaan proyek alat deteksi korban reruntuhan, yang terungkap setelah KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada Selasa (25/7) lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru