Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Besok Puasa Asyura, Bisa Lebur Dosa Selama Setahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa Asyura merupakan puasa dilakukan pada tanggal 10 Muharram dalam kalender hijriah. Pada tahun 2023 ini, tanggal 10 Muharram 1445 Hijiriah jatuh pada hari Kamis, 27 Juli 2023 besok.

Sebagai bulan pembuka dalam kalender Hijriyah serta bagian dari bulan yang agung atau mulia, Muharram menjadi bulan yang diagungkan umat Islam. Sehingga, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan amalan di bulan ini, salah satunya dengan menjalankan puasa puasa Asyura.

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), keutamaan puasa Asyura terdapat dalam hadits-hadits sahih.

Dalam salah satu hadits disebutkan, bahwa puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun kemarin. Dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda :

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

“Adapun puasa pada hari Asyura, aku memohon kepada Allah agar puasa tersebut bisa menghapus dosa setahun sebelumnya.” (HR Muslim no 1162).

Namun dosa umat muslim tidak bisa serta merta diampuni oleh Allah SWT. Dijelaskan Imam an-Nawawi dosa yang diampuni pada hadits di atas adalah dosa kecil, atau paling tidak mendapat keringanan atas dosa besar atau pengangkatan derajat seorang hamba.

Jadi, bukan pengampunan dosa seluruhnya, karena dosa besar kemungkinan besar hanya akan diampuni Allah SWT apabila melakukan taubatan nasuha, atau tobat yang sungguh-sungguh.

Selain itu, puasa Asyura memiliki keutamaan lain yakni antusiasnya Nabi Muhammad SAW dalam melaksanakan puasa tersebut.

Diceritakan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلَّا هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي شَهْرَ رَمَضَانَ

“Tidak pernah aku melihat Nabi ﷺ sengaja berpuasa pada suatu hari yang Beliau istimewakan dibanding hari-hari lainnya kecuali hari Asyura dan bulan ini, yaitu Ramadhan.” (HR Bukhari).

Selain puasa Asyura, terdapat pula amalan yang dapat jalankan di bulan Muharram, yakni puasa Tasuah. Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, yang jatuh ada hari Rabu, 26 Juli 2023.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

02:15:31

Live Streaming Misa Natal 2023 dari Gereja Katedral Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hallo Sobat Holopis, Gereja Katedral akan...

Persiapan dan Tata Cara Menghadiri Ibadah Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menghadiri ibadah Misa Natal di Gereja...

Fasilitasi Difabel, Kemenag Produksi Video Ayat Alkitab Bahasa Isyarat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru