Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jangan Main Paksa! Begini Cara Jitu Atasi Istri yang Malas Bercinta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bercinta atau berhubungan intim merupakan hal yang wajar bagi sepasang suami istri, dan bahkan menjadi kebutuhan biologis.

Umumnya, berhubungan intim dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak, yang dalam hal ini adalah suami dan istri. Namun, bagaimana jika salah satu pihak, terutama sang istri malas untuk berhubungan intim?

Secara umum, permasalahan ini memang kerap kali dialami oleh seorang istri. Penyebabnya pun berbeda-beda, mulai dari lelah karena melakukan pekerjaan seharian, mood sedang buruk, atau penyebab-penyebab lainnya.

Lantas, apa yang harus dilakukan suami ketika dalam keadaan tersebut?

Seorang psikolog yang sekaligus seksolog klinis, Zoya Amirin menyarankan kepada suami untuk menjalin komunikasi asertif dengan sang istri apabila menemui permasalahan seperti di atas.

Zoya lantas menjelaskan, bahwa komunikasi asertif yang harus dilakukan sang suami adalah menyampaikan apa yang dirasakan, bukan apa yang diikirkan.

Menurutnya, mengatakan hal yang dirasakan merupakan mengutarakan perasaan secara valid. Sedangkan jika mengatakan apa yang dipikirkan, hal itu bisa saja terlihat seperti menghakimi.

Saat ingin mengutarakan perasaan, Zoya Amirin menyarankan agar memulai percakapan dengan kata-kata awalan seperti ‘i feel’. Misalnya, i feel happy, i fell stress, dan sebagainya.

“Komunikasi yang asertif itu dengan mengatakan apa yang kamu rasakan mengenai situasi yang terjadi pada diri kamu. Misalnya, saya merasa sedih ketika tidak bisa berkomunikasi dengan kamu atau saya ngerasa sedih ketika kamu sering sekali menolak saya,” kata Zoya Amirin, sebagaimana dikutip Holopis.com dari unggahan video di akun Instagramnya, Minggu (23/7).

Zoya lantas mengatakan, jika sudah melakukan komunikasi asertif dengan mengungkapkan perasaan, suami bisa lanjut dengan mengatakan apa yang diinginkan dan diharapkan.

“Setelah mengatakan apa yang kamu rasakan, coba katakan apa yang kamu inginkan. Misalnya saya senang bisa ngobrol bareng kamu sebelum tidur dan lainnya,” kata Zoya.

Jika istri sedang malas atau enggan untuk berhubungan intim, lanjut Zoya, sebaiknya suami bertanya terlebih dahulu apa penyebabnya dan jangan langsung membuat asumsi sendiri karena apa yang anda lihat, belum tentu itu yang dirasakan oleh pasangan kamu.

“Silahkan bertanya apa yang bisa anda lakukan untuk membantu dia membangun moodnya, sehingga dia terkoneksi lagi secara seksual,” tukas Zoya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Quickie Sex yang Bikin Paksu dan Bunda Mendesah Kepikiran Terus

Siapa bilang jadwal sibuk paksu dan bunda membuat momen-momen seksi dan bermesraan diranjang menjadi berkurang.

Malam Jumat, Jangan Lupa Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri

Dalam kehidupan berumah tangga, berhubungan suami istri adalah bagian penting dari hubungan yang sehat dan harmonis.

Orgasme Bisa Bikin Awet Muda, Bener Nggak Sih?

Dalam upaya menjaga kesehatan dan kecantikan, banyak wanita mencari cara untuk memperlambat proses penuaan dan mempertahankan penampilan awet muda.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru