Simak Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriah Lengkap, Beserta Artinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Umat Islam di seluruh belahan dunia akan melewati momen penting, yakni pergantian tahun Hijriah. Pada momen ini, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun Hijriah.

Dikutip Holopis.com dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag) RI, umat Islam pada tahun 2023 Masehi ini telah memasuki tahun 1445 dalam kalender Hijriah.

Adapun untuk tahun baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 H jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Namun, apabila mengacu pada perhitungan kalender Hijriah, 1 Muharram 1445 H dimulai pada sore hari ini, Selasa 18 Juli 2023.

Artinya, hari ini adalah hari terakhir bulan Dzulhijjah 1444 H atau akhir tahun 1444 H. Sementara esok hari sudah memasuki awal tahun 1445 H.

Nah, untuk menjalankan anjuran Rasulullah SAW, berikut bacaan doa awal tahun dan akhir tahun, sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU).

Doa Akhir Tahun

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da’autanî ilat taubati min ba’di jarâ’atî ‘alâ ma’shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa’attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha’ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Untuk doa akhir tahun ini, dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali selepas shalat asar atau sebelum masuk waktu Maghrib pada akhir bulan Dzulhijjah 1444 H atau sore ini.

Doa Awal Tahun

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu’awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Adapun untuk doa awal tahun ini dapat dibaca sebanyak 3 kali setelah shalat maghrib, dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

Demikian bacaan doa akhir dan awal Tahun Baru Islam lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya yang sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru