APIP Jambi Terus Dorong Pencopotan Pejabat dan Evaluasi PetroChina

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Organisasi kemasyarakatan Aliansi Pemuda Intelektual Peduli Jambi (APIP Jambi) terus mendorong agar Petrochina International Jabung Ltd melakukan evaluasi terhadap salah seorang pejabat tinggi di perusahaannya, yang berinisial G.

Menurut mereka, ada persoalan cukup serius di dalam perusahaan tersebut yang bisa berdampak kurang baik ke depannya. Salah satunya adalah rekayasa tender pengadaan barang dan jasa.

“Oknum berinisial G tersebut diduga telah merekayasa proses tender yang menyebabkan negara merugi hingga ratusan milyar rupiah,” tulis siaran pers APIP-JAMBI yang dikutip, Senin (17/7).

Beberapa aksi unjuk rasa telah ia lakukan, mulai dari aksi di SKK Migas dan kantor PetroChina di Jakarta pada hari Senin (19/6), hingga yang terakhir di depan Kedutaan Besar China pada hari Rabu (5/7).

Mereka meminta agar SKK Migas sebagai lembaga pemerintah yang memonitor kinerja PetroChina di Indonesia untuk ikut membantu melakukan audit forensik terhadap kinerja oknum pejabat berinisial G tersebut, termasuk lonjakan harta kekayaan pribadi yang dinilainya kurang masuk akal.

“APIP Jambi mendorong pimpinan PetroChina Indonesia melakukan audit dan meninjau ulang semua kontrak paying berjangka waktu tiga tahun, terkait proyek pengeboran di Jambi dan penyesuaian harga estimasi perusahaan tentukan yang dinilai tidak relevan untuk kontrak tiga tahun,” jelasnya.

Kemudian, APIP Jambi menyampaikan bahwa dorongan ini jika dilakukan, maka akan berdampak pada kinerja baik di perusahaan BUMN asal China itu.

“Ini langkah awal yang penting dalam pemberantasan korupsi dan menjalankan tata kelola perusahaan yang transparan dan akuntabel. Meski dilakukan di lingkup internal perusahaan, tetapi bertujuan melindungi kepentingan masyarakat dan memastikan penegakan hukum yang berkeadilan,” paparnya.

Selain itu, persoalan adalah tentang dugaan pelanggaran K3 (Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan). Dimana ada sebuah insiden yang diindikasi merupakan bentuk kelalaian perusahaan dalam menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga membuat karyawan mereka mengalami kecelakaan kerja.

Dalam statemennya, APIP Jambi juga memohon agar Dubes China untuk berkomunikasi langsung dengan petinggi kantor pusat PetroChina untuk mengatasi persoalan ini.

“Menyusul kecelakaan beruntun di area operasi PetroChina pada 18 Desember 2022 dan 10 Januari 2023,” ujarnya.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Kedubes China Didesak Tuntaskan Persoalan di PetroChina

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sejumlah massa aksi dari Aliansi Rakyat Anti Korupsi melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kedutaan Besar China di kawasan Mega...

Kedubes China Digeruduk, Diminta Evaluasi Dugaan Korupsi di PetroChina

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Puluhan massa aksi dari Aliansi Anti Korupsi mendatangi Kedutaan Besar China, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam aksinya, mereka menuntut...

Geruduk Kedubes China, APIP Jambi Desak Audit Forensik Pejabat Tinggi PetroChina

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kedutaan Besar China yang ada di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan mendadak didatangi ratusan orang massa aksi yang mengaraksanamakan Aliansi Pergerakan...

Aksi di SKK Migas dan PetroChina, Massa Laporkan Dugaan Korupsi VP SCM Gusminar

Kami meminta SKK Migas untuk melakukan audit terhadap semua kegiatan pengadaan barang dan jasa selama di bawah kepemimpinan Gusminar.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.