BerandaNewsPolhukamAPIP Jambi Terus Dorong Pencopotan Pejabat dan Evaluasi PetroChina

APIP Jambi Terus Dorong Pencopotan Pejabat dan Evaluasi PetroChina

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Organisasi kemasyarakatan Aliansi Pemuda Intelektual Peduli Jambi (APIP Jambi) terus mendorong agar Petrochina International Jabung Ltd melakukan evaluasi terhadap salah seorang pejabat tinggi di perusahaannya, yang berinisial G.

Menurut mereka, ada persoalan cukup serius di dalam perusahaan tersebut yang bisa berdampak kurang baik ke depannya. Salah satunya adalah rekayasa tender pengadaan barang dan jasa.

“Oknum berinisial G tersebut diduga telah merekayasa proses tender yang menyebabkan negara merugi hingga ratusan milyar rupiah,” tulis siaran pers APIP-JAMBI yang dikutip, Senin (17/7).

Beberapa aksi unjuk rasa telah ia lakukan, mulai dari aksi di SKK Migas dan kantor PetroChina di Jakarta pada hari Senin (19/6), hingga yang terakhir di depan Kedutaan Besar China pada hari Rabu (5/7).

Penerbit Iklan Google Adsense

Mereka meminta agar SKK Migas sebagai lembaga pemerintah yang memonitor kinerja PetroChina di Indonesia untuk ikut membantu melakukan audit forensik terhadap kinerja oknum pejabat berinisial G tersebut, termasuk lonjakan harta kekayaan pribadi yang dinilainya kurang masuk akal.

“APIP Jambi mendorong pimpinan PetroChina Indonesia melakukan audit dan meninjau ulang semua kontrak paying berjangka waktu tiga tahun, terkait proyek pengeboran di Jambi dan penyesuaian harga estimasi perusahaan tentukan yang dinilai tidak relevan untuk kontrak tiga tahun,” jelasnya.

Kemudian, APIP Jambi menyampaikan bahwa dorongan ini jika dilakukan, maka akan berdampak pada kinerja baik di perusahaan BUMN asal China itu.

“Ini langkah awal yang penting dalam pemberantasan korupsi dan menjalankan tata kelola perusahaan yang transparan dan akuntabel. Meski dilakukan di lingkup internal perusahaan, tetapi bertujuan melindungi kepentingan masyarakat dan memastikan penegakan hukum yang berkeadilan,” paparnya.

Selain itu, persoalan adalah tentang dugaan pelanggaran K3 (Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan). Dimana ada sebuah insiden yang diindikasi merupakan bentuk kelalaian perusahaan dalam menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga membuat karyawan mereka mengalami kecelakaan kerja.

Dalam statemennya, APIP Jambi juga memohon agar Dubes China untuk berkomunikasi langsung dengan petinggi kantor pusat PetroChina untuk mengatasi persoalan ini.

“Menyusul kecelakaan beruntun di area operasi PetroChina pada 18 Desember 2022 dan 10 Januari 2023,” ujarnya.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PB SEMMI Apresiasi Polri Berhasil Bongkar Laboratorium Narkoba di Malang

Donny mengatakan bahwa masyarakat Indonesia akan selalu mendukung langkah Polri dalam melakukan penegakkan hukum terutama terhadap kejahatan peredaran dan penyalahgunaan narkoba karena sudah sangat meresahkan di Indonesia.

Mahfud MD Harap Rektor Transparan soal Pemberhentian Dekan FK Unair

Pakar Hukum Tata Negara, Prof Mahfud MD memberikan respons atas diberhentikannya Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof. Budi Santoso oleh Rektor Unair Rektor Unair Prof. Nasih.

Pemerintah Beri Perhatian Khusus soal Kasus Kekerasan di Pesantren

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan dan mengutuk keras terjadinya kasus kekerasan di lingkup pondok pesantren hingga menyebabkan hilangnya nyawa santriwati di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kementerian PPPA Bakal Ajak Ngobrol Organisasi Perempuan soal UU KIA

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyambut baik disahkannya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2024 Tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan.

Hasyim Ashari Dipecat Karena Kasus Asusila, Kaesang : Itu yang Terbaik

Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep) ikut menanggapi perihal putusan DKPP terhadap Ketua KPU Hasyim Ashari.

Ini Alasan Polda Metro Belum Tahan Firli Bahuri di Kasus Pemerasan SYL

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto berkelit bahwa pihaknya lamban dalam penyelesaian perkara mantan Ketua KPK Firli Bahuri.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS