HOLOPIS.COM, JAKARTA – Untuk kamu pecinta serial anime Jujutsu Kaisen karya Gege Akutami, pastinya sudah menonton episode pertama dari season kedua yang ditayangkan baru-baru ini. Setelah lama dinanti-nanti, musim kedua dari anime ini ternyata mendapat respon yang sangat positif dan sambutan hangat dari para penggemarnya.

Episode pertama telah dipuji karena arahan visual art yang memukau, dan perubahan alur cerita bila dibandingkan dengan Musim pertamanya. Baik Satoru Gojo muda maupun Suguru Geto, memperkenalkan versi alternatif dari karakter-karakter familiar yang dapat dikenal kembali oleh penggemar.

Namun, dengan banyaknya informasi baru, mudah untuk melewatkan beberapa detail yang tersembunyi di seluruh episode. Padahal, Jujutsu Kaisen memang sudah sering meninggalkan petunjuk-petunjuk kecil dalam episode-episodenya untuk menggoda penggemar agar mengetahui peristiwa yang akan datang maupun hanya untuk mengomunikasikan detail yang membantu dunianya lebih beragam.

Nah, ini dia beberapa detail kecil yang tersembunyi yang kemungkinan besar dilewatkan oleh sebagian besar penggemar di episode pertama.

Utahime
Utahime saat memeriksa rumah berhantu yang mengandung kutukan di episode pertama Jujutsu Kaisen. [Foto: Tangkapan Layar]

1. Tally Marks Mengungkap Bahaya Tersembunyi dari Lokasi Terkutuk

Eksorsisme pertama Musim 2 menampilkan penyelidikan Mei Mei dan Utahime Iori terhadap tempat berhantu yang menjadi terkenal karena seringnya kasus orang hilang di rumah itu. Rumah besar tersebut adalah milik seorang pengusaha yang gagal, dan energi yang dikeluarkan oleh kematiannya dan keluarganya telah mengundang kutukan untuk mengklaimnya sebagai milik mereka.

Begitu berada di dalam gedung, Utahime dan Mei Mei mendapati diri mereka terjebak dalam teknik penghalang yang diwujudkan sebagai koridor tak berujung. Duo penyihir ini berhasil dengan mudah menganalisis propertinya dan membuat rencana untuk meruntuhkan strukturnya, dan pastinya Sobat Holopis tidak melihat detail yang mengisyaratkan nasib buruk yang menimpa korban sebelumnya.

Saat Utahime menjelajahi mansion tersebut, dia mengunjungi beberapa ruangan yang menunjukkan tanda-tanda baru saja dihuni. Salah satunya menampilkan tanda penghitungan di samping pintunya yang menunjukkan bahwa penciptanya telah menghabiskan setidaknya satu bulan di dalam ruang terkutuk ini sebelum menyerah pada kekuatan jahat atau apa pun yang bertanggung jawab atas kutukan tersebut. Jika Utahime dan Mei Mei tidak berhasil lolos dari penghalang, nasib yang jauh lebih menakutkan pastinya akan menunggu kedua penyihir itu.

2. Roh Terkutuk Geto Dari Jujutsu Kaisen 0 Kembali

Meskipun Jujutsu Kaisen 0 dirilis lebih dari setahun sebelum episode pertama Musim 2, settingan ceritanya justru berlangsung lebih awal dalam garis waktu ceritanya, yakni bertahun-tahun sebelum masuknya Suguru Geto ke dalam kejahatan. Meski begitu, dalam video pembuka ada petunjuk halus yang menyinggung aktivitasnya di film prekuel. Salah satu roh terkutuk yang dilepaskan Geto pada 0 kembali pada pembukaan, menyiratkan bahwa ia telah ditundukkan oleh Teknik Manipulasi Roh Terkutuknya bahkan saat itu.

Roh yang terlihat di pembukaan adalah roh terkutuk yang dikeluarkan Geto untuk menguji kemampuan Yuta Okkotsu. Meskipun itu bukan level kelas khusus, itu cukup kuat dalam jarak dekat untuk membutuhkan upaya gabungan dari Yuta dan Toge Inumaki untuk diusir. Tidak pernah relevan bahkan untuk disebut namanya, yang membuatnya menjadi petunjuk rahasia yang sempurna untuk Jujutsu Kaisen 0, cukup bijaksana untuk menjaga jalan cerita tetap selaras sambil tetap menjadi detail yang dapat diapresiasi penggemar.

3. Ekspansi Domain Gojo Disinggung di Pembukaan

Latar belakang Satoru Gojo yang berpose di depan saat video kredit pembukaan berhasil masuk ke dalam dua petunjuk rahasia sekaligus. Yang pertama membawa referensi yang jelas ke Ekspansi Domainnya, Kekosongan Tanpa Batas. Polanya cocok dengan desain Domain bawaannya yang terlihat oleh mereka yang terperangkap di dalamnya; jurang tak berujung dengan bintik-bintik cahaya di kejauhan seperti langit berbintang. Efek estetisnya adalah bagian dari sensasi luar biasa yang ditimbulkan oleh Unlimited Void pada korbannya, memaksa mereka untuk menjalani setiap fungsi kehidupan yang mungkin sampai mereka lumpuh karena rangsangan berlebihan.

Latar belakang dan pose Gojo adalah adaptasi halaman manga ke layar film anime langsung dari ilustrasi sampul Gege Akutami untuk Jujutsu Kaisen Bab 66. Dalam urutan yang mengikuti pose Gojo, Geto dan Shoko sama-sama memiliki halaman pendahuluan dengan animasi yang serupa. Ini adalah panggilan balik yang bagus untuk materi sumber yang diadaptasi musim ini karena Bab 66 adalah salah satu angsuran sebelumnya dari Arc Inventaris Tersembunyi yang sedang berlangsung.

Masih ada beberapa petunjuk penting lainnya di dalam episode pertama, namun menjelang penayangan episode keduanya, apakah Sobat Holopis jadi semakin memperhatikan detail-detail kecil yang ternyata adalah petunjuk untuk jalan cerita selanjutnya dari serial anime Jujutsu Kaisen ini? Yuk, kita perhatikan petunjuk selanjutnya!