Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Atasi Konflik Papua, Wapres : Pembangunan Kesejahteraan dan Keamanan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin menerangkan bahwa pemerintah Indonesia saat ini tengah menggalakkan dua strategi penting untuk menyelesaikan persoalan di Papua. Dua strategi penuntasan konflik papua tersebut antara lain ; pembangunan kesejahteraan dan penguatan aspek keamanan.

“Dua hal ini terus dilakukan oleh pemerintah, pembangunan kesejahteraan, dan juga penyelesaian masalah keamanan, itu dua hal ini,” kata Wapres Kiai Ma’ruf di Fakfak, Papua Barat seperti dikutip Holopis.com, Jumat (14/7).

Dengan demikian, pemerintah akan memastikan semua pembangunan Indonesia sentris bisa berlangsung dengan baik dan masif. Begitu juga terkait aspek keamanan yang diupayakan terus membaik.

“Nah, supaya bagaimana pembangunan berjalan dan keamanan tidak menjadi gangguan,” terangnya.

Sebelumnya, Wapres juga pernah mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan langkah-langkah khusus terutama untuk enam daerah yang rawan konflik di Papua. Di antaranya, tiga di Provinsi Papua Pegunungan yakni di Nduga, Yahukimo, dan Pegunungan Bintang (di batas RI-PNG). Kemudian tiga di Papua Tengah yakni di Puncak, Puncak Jaya, dan Intan Jaya.

Sementara pada kesempatan itu, Wapres mengatakan strategi keamanan menjamin keamanan Papua sedang dilakukan melalui upaya-upaya lebih intensif yang dikomandoi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

“Masalah keamanan itu sedang dilakukan upaya-upaya yang lebih intensif strateginya kayak apa, Saya kira itu urusannya nanti strategi yang dilakukan oleh pihak Kapolri dan Panglima TNI khususnya dalam menghadapi masalah keamanan ini,” tandasnya.

Wapres pun menegaskan, langkah-langkah untuk menjamin keamanan dalam rangka pemerataan pembangunan teritorial menggunakan strategi defensif aktif.

“Istilahnya kita melakukan langkah-langkah pembangunan teritorial yang sifatnya defensif aktif jadi nanti akan ada upaya-upaya lebih jauh di dalam rangka memperluas daerah-daerah aman, supaya tidak menjadi daerah gangguan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru