Penyelenggara Batalkan Pertemuan Aktivis LGBT di Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pertemuan para aktivis lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) se-ASEAN yang sedianya akan digelar di Jakarta dipastikan batal dilaksanakan.

Penyelenggara Queer Advocacy Week ASEAN Sogie Caucus menyatakan bahwa mereka lebih memilih membatalkan pertemuan tersebut di Jakarta dan menggelarnya di luar Indonesia.

Pihak penyelenggara bersikeras bahwa pertemuan tersebut sejatinya demi membuka ruang dialog dengan pemerintah tentang kaum LGBT.

“Kami menegaskan panggilan kami untuk ASEAN dan pemerintah untuk menciptakan untuk berdialog dengan kelompok-kelompok yang terpinggirkan, termasuk mereka yang didiskriminasi berdasarkan orientasi seksual, identitas gender, ekspresi gender, dan karakteristik seks mereka,” kata pihak penyelenggara dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (12/7).

Pihak penyelenggara kemudian tidak menginformasikan lebih lanjut dimana acara selanjutnya akan mereka gelar. Namun, mereka bertekad untuk tetap melanjutkan pertemuan aktivis LGBT itu apapun caranya.

“Visi bersama kami tentang kawasan ASEAN yang inklusif didasarkan pada keberadaan ruang aman bagi masyarakat sipil dan pemegang hak untuk belajar tentang lembaga tersebut, untuk membahas masalah yang penting bagi mereka,” klaimnya.

“Dan untuk secara kolektif menggunakan hak kami untuk secara bebas mengekspresikan pandangan kami tentang bagaimana ASEAN memajukan, atau tidak, hak asasi masyarakat kita,” lanjutnya.

ASEAN Sogie menjelaskan akan terus menyuarakan perlindungan hak asasi manusia. Mereka juga mendesak mekanisme HAM ASEAN memantau serangan terhadap pembela hak asasi manusia.

“Kami mendesak mekanisme hak asasi manusia ASEAN untuk memantau dan menanggapi hal ini,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di Asean akan menyelenggarakan acara pertemuan di Jakarta dalam rangka memperkuat hubungan di antara aktivis LGBT di benua Asia Tenggara.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

10 Ide Kegiatan Malam Minggu yang Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Malam minggu sering kali identik dengan hangout di cafe, nongkrong bersama teman, atau sekadar nonton film.

Petty Hasibuan Ingin Senayan Golf Club Jadi Tempat Favorit Pecinta Golf Tanah Air

Dengan mengusung tema retro, Petty Hasibuan berharap pecinta golf tanah air bisa tetarik untuk mengikuti keanggotaan di Senayan Golf Club dengan menganggap bahwa bermain golf di SGC sangat fun.

KAI Sukses Angkut 45,05 Juta Ton Barang Selama Periode Januari – Agustus 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga Agustus 2024, di mana KAI mengangkut 45.056.573 ton barang atau meningkat 7% dibanding periode yang sama Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 42.073.513 ton barang. 
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru