Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Masa Berlaku SIM Seumur Hidup Bikin Polisi Rugi? Begini Jawaban Kemenkeu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ikut berkomentar mengenai usulan DPR terkait masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) menjadi seumur hidup.

Direktur PNBP Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kemenkeu, Wawan Sunarjo mengatakan, terdapat potensi kehilangan pendapatan, yang dalam hal ini adalah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hingga mencapai Rp650 miliar, jika usulan tersebut benar diberlakukan.

“Kalau misalkan itu diberlakukan, maka pendapatan dari perpanjangan SIM bisa turun 60%, kalau dari data tahun 2022 satu tahun bisa dapat total Rp 1,2 triliun. Jadi bisa hilang sekitar Rp 650 miliar,” kata Wawan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (13/7).

Dia mengungkapkan dampak kehilangan PNBP dari perpanjangan SIM ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap pihaknya, tetapi lebih kepada pihak kepolisian.

Dia menjelaskan, apabila SIM berlaku seumur hidup, maka pihak kepolisian tentu akan kehilangan dana operasional yang digunakan untuk perpanjangan SIM.

“Rp 650 miliar itu kan operasional mereka. Dari segi kepolisian, mereka akan kehilangan dana operasional itu,” jelasnya.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menyebut Kemenkeu masih akan meninjau fungsi dari SIM yang selama ini kerap menjadi identitas pengganti KTP.

Peninjaua tersebut dilakukan karena SIM berbeda dengan penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Penerbitan SIM, kata Isa, hanya dinikmati oleh masyarakat yang memiliki akses menggunakan kendaraan bermotor.

“Ini kan layanan ekstra yang tidak dinikmati semua orang. Jadi biaya untuk menerbitkan kartu SIM itu masih wajar,” jelas dia.

Pemerintah juga tengah mempertimbangkan pembebasan PNBP dari penerbitan SIM. Tapi hingga kini penerimaan dari SIM masih dibutuhkan negara untuk pembangunan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru