HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mengunjungi langsung Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Rabu (12/7).

Dalam kunjungannya itu, Presiden Jokowi selain mengecek kesiapan stadion, juga sekaligus melihat seleksi untuk Timnas U-17 wilayah Jawa Barat.

Presiden Jokowi hadir di Stadion Si Jalak Harupat didampingi langsung oleh Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Dito Ario Tedjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Ada juga wakil-wakil dari PSSI selain Erick Thohir, seperti Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Ratu Tisha, Sekjen Yunus Nusi, Exco Arya Sinulingga, Endri Erawan, dan Sumardji.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengaku senang bahwa proses seleksi untuk Timnas U-17 dilakukan di 10 kota.

“Saya senang bahwa akan dilakukan proses seleksi di 10 kota.Yang nanti ini saya tanya coach Bima Sakti, berapa yang diseleksi, hari ini 187 pemain dan akan diambil gak tau, kalau bagus semua ya diambil 187. Tapi ya ada satu, dua, tiga (pemain) gitu diambil,” ungkap Jokowi, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Rabu (12/7).

Lanjutnya, Jokowi juga mengapresiasi proses seleksi tersebut, sehingga bisa memberikan kesempatan kepada anak-anak muda.

“Saya kira proses seperti ini yang saya harus memberikan apresiasi kepada PSSI yang memberikan kesempatan kepada anak-anak muda kita untuk bisa ikut berpartisipasi di Piala Dunia U-17,” tambahnya.

Sebagai informasi, proses seleksi tersebut melibatkan beberapa mantan pemain Timnas, seperti hal nya Robi Darwis, Rully Nere, Budi Sudarsono, dan Firman Utina.

Setelah seleksi di beberapa kota, pemain yang lolos akan berangkat ke Eropa untuk melakukan pemusatan latihan sekaligus uji coba dengan tim-tim kuat di Eropa, Afrika, dan Asia lainnya.

Terkait hal itu, Ketum PSSI Erick Thohir menilai bahwa proses tersebut penting agar pemain terbiasa menghadapi lawan yang tangguh.

“Ini penting karena pemain harus terbiasa menghadapi lawan-lawan tangguh sebelum mengikuti Piala Dunia U-17,” ujar Erick.

Perlu diketahui juga, bahwa proses seleksi Timnas U-17 merupakan bagian dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 2023 sendiri rencananya akan berlangsung mulai 10 November sampai 2 Desember mendatang.

Selain kesiapan dalam hal pemain, kesiapan mengenai stadion juga terus digenjot pemerintah agar nantinya bisa lolos pengecekan FIFA.