Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Kabar Baru TKI : 4,5 Juta Pekerja Migran Indonesia Ternyata Ilegal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko Polhukam RI, Mahfud MD mengungkapkan mengenai kondisi para pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Mahfud menjelaskan, dari 9 juta orang pekerja migran Indonesia yang ada, setengah dari jumlah tersebut adalah PMI ilegal.

“Menurut data yang dimiliki, lebih dari 9 juta WNI menjadi pekerja imigran. Lebih dari 4.500.000 itu adalah ilegal,” kata Mahfud dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (5/7).

Dari laporan yang masuk ke Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), sekian persen dari laporan tersebut adalah TPPO.

“Oleh sebab itu, laporan yang masuk ke PMK itu yang dilaporkan. Dan sekian persen TPPO,” tuturnya.

Jutaan pekerja migran ini pun tidak terdaftar secara resmi, melainkan ada di data imigrasi dan kepolisian.

“Tapi sebenarnya angkanya jutaan tapi tidak melaporkan ke PMK tapi ditemukan oleh BP2MI, ditemukan oleh polisi, ditemukan oleh imigrasi dan sebagainya. Nah itu yang kita input angkanya jutaan itu,” jelasnya.

Mahfud juga meminta Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk melakukan pengawasan yang serius agar seluruh pekerja migran yang berangkat adalah legal.

“BP2MI sekarang mengadakan pengawasan betul untuk memperbanyak keberangkatan-keberangkatan legal,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Bakal Lantik Pengganti Definitif Pramono Anung

Pihak Istana tidak menampik adanya peluang Presiden Jokowi (Joko Widdodo) untuk melantik Sekertaris Kabinet definitif pengganti Pramono Anung.

SBY Sambangi Prabowo Subianto Jelang Pelantikan

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendadak mendatangi kediaman Prabowo Subianto di kawasan Kertanegara, Jakarta.

Surya Paloh Copot Jabatan Ahmad Ali

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh secara resmi mencopot Ahmad Ali dari jabatannya sebagai wakil ketua umum.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru