Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Tegaskan RI Tak Mau Didikte IMF soal Hilirisasi

Sri Mulyani Tegaskan RI Tak Mau Didikte IMF soal Hilirisasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati angkat bicara terkait permintaan Dana Moneter Internasional (IMF) kepada pemerintah untuk melonggarkan kebijakan hilirisasi.

Dia mengaku menghargai pandangan IMF terkait kebijakan hilirisasi yang dijalankan pemerintah. Namun ia menegaskan, setiap negara termasuk Indonesia mempunyai cara tersendiri untuk memperkuat perekonomiannya.

“Mereka (IMF) boleh punya pandangan, itu ada di artikel IV. Tapi Indonesia, pemerintah punya kebijakan yang ditujukan untuk memperkuat struktur industri dan juga mendorong nilai tambah,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (4/7).

Menurut Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, tidak ada yang salah dengan program hilirisasi di Indonesia. Justru program tersebut terbilang berhasil dan efektif dalam meningkatkan nilai tambah komoditas di dalam negeri.

“Dengan keputusan itu, neraca pembayaran kita semakin kuat, jadi malah makin bagus,” tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia juga menyampaikan hal yang serupa. Dia menegaskan, bahwa pemerintah akan tetap melanjutkan kebijakan hilirisasi melalui larangan ekspor bijih nikel.

“Sampai langit mau runtuh pun kebijakan hirilisasi akan tetap menjadi kebijakan di masa Presiden Jokowi dan Ma’aruf Amin, dan larangan ekpsor akan tetap dijalankan,” tutur Bahlil, Jumat (30/6).

Bahlil pun membantah tudingan IMF yang menyebut kebijakan larangan ekspor nikel merugikan negara lain. Menurutnya, kebijakan yang dipilih pemerintah Indonesia sudah berada pada jalan yang benar.

Meski begitu, Bahlil tetap menghargai pendapat IMF, namun tidak akan terpengaruh dengan saran yang diberikan.

“Memang kalau negara kita rugi, negara lain memikirkan kita? Jadi IMF nggak usah campur-campur urusan Indonesia,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.