HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membentuk tim khusus yang diberi nama Collaborative Analysis Team (CAT).

Tim tersebut nantinya akan bertugas mengawasi transaksi keuangan ilegal pada saat Pemilu 2024 mendatang.

“Menindaklanjuti pertemuan koordinasi PPATK tanggal 19 Januari 2023, PPATK menginisiasi dibentuknya tim kerja CAT,” ujar Plt Deputi Bidang Pelaporan dan Pengawasan Kepatuhan PPATK, Syahril Ramadhan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (27/6).

Syahril menuturkan, tim kerja ini merupakan kolaborasi pertukaran informasi antara public sektor yaitu PPATK, pihak pelapor, Lembaga Pengawas dan Pengatur (LPP), serta aparat penegak hukum.

“Tujuan CAT adalah untuk mendukung pelaksanaan Pemilu atau Pilkada sebagai sarana intergrasi bangsa,” tutur Syahril.

Adapun tugas CAT meliputi pertukaran informasi atau laporan yang menjadi hasil pemantauan transaksi atau rekening dari rekening khusus dana kampanye, rekening pasangan calon dan pengurus partai politik terkait.

Nantinya, informasi yang didapat oleh PPATK akan dianalisis, menyampaikan watchlist terkait Pemilu dan indentifikasi pelanggaran Pemilu.

Tentunya, lanjut Syahril, analisis akan dilakukan jika pihak pelapor menemukan adanya indikator-indikator pelanggaran dana Pemilu yang sudah ditetapkan.

“Jadi Pemilu tidak hanya Pemilu, akan kita awasi termasuk juga Pilkada,” tukasnya.