HOLOPIS.COM, JAKARTA – Biang keringat adalah keluhan yang akan sangat mengganggu kenyamanan penderitanya. Namun anda tidak perlu khawatir, pasalnya kondisi ini tidak memerlukan terapi khusus karena kebanyakan biang keringat tidak bergejala dan dapat hilang dengan sendirinya.

Perlu diingat juga, pada prinsipnya penanganan utama biang keringat adalah dengan menjaga suhu dan kelembaban agar tidak sering berkeringat. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui tips mengatasi biang keringat, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Rabu (28/6).

1. Batasi Aktivitas yang Menguras Keringat Sementara Waktu

Untuk mengatasi biang keringat, langkah pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah batasi aktivitas yang menguras keringat secara berlebihan untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan agar biang keringat yang dialami, tidak semakin bertambah banyak dan parah.

2. Perhatikan Bahan dan Jenis Pakaian

Bila ingin biang keringat teratasi, usahakan untuk tidak mengenakan pakaian dengan bahan yang terlalu ketat atau yang tidak menyerap keringat. Pasalnya, penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat justru akan menyebabkan suhu tubuh semakin meningkat. Alhasil merangsang produksi keringat secara berlebihan, jadi pilihlah pakaian longgar yang nyaman dan terbuat dari bahan katun.

3. Mandi secara Teratur dengan Air Dingin

Usahakan agar selalu mandi dua kali sehari, pasalnya bila jarang mandi hal ini akan membuat keringat serta kotoran lainnya dapat menumpuk di permukaan kulit. Alhasil, beresiko terjadi sumbatan di saluran kelenjar keringat menjadi meningkat. Selain itu, biasakan juga untuk menggunakan air yang tidak panas karena air yang tersebut justru akan merangsang pembuluh darah untuk melebar, sehingga perpirasi meningkat.

4. Pindah ke Ruangan yang Lebih Dingin dan dengan Ventilasi yang Baik

Perlu diingat, ruangan tertutup dan tanpa adanya ventilasi akan membuat tubuh lebih mudah untuk berkeringat. Maka, sebaiknya ruangan wajib memiliki ventilasi yang baik atau bila memungkinkan dapat menggunakan pendingin udara.

5. Menggunakan Obat Oles

Berikutnya, tips untuk mengatasi biang keringat yaitu dengan menggunakan obat oles. Anda dapat menggunakan produk bebas, yang mengandung bahan untuk mendinginkan kulit seperti calamine. Perlu diingat, hindari penggunaan krim yang terlalu lengket karena justru dapat memperparah sumbatan serta membuat keringat bertambah banyak. Selain itu, bila diperlukan anda juga dapat menambahkan obat-obatan antiradang guna membantu mengurangi gejalanya.