Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ternyata Ini 5 Penyebab Kuku Kaki Berwarna Oranye

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kuku yang sehat, bersih, dan cantik akan memberi kesan yang lebih pada penampilan seseorang. Sayangnya, warna kuku dapat berubah misalnya menjadi warna oranye. Perubahan seperti ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti penggunaan kutek, henna, atau infeksi.

Penting untuk mengetahui hal ini karena akan membantu anda jauh lebih waspada, terutama jika penyebabnya adalah masalah kesehatan. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui penyebab warna kuku kaki berubah menjadi orange, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com pada situs resmi Hellosehat, Senin (26/6).

1. Penggunaan Cat Kuku Berwarna Gelap

Menggunakan cat kuku memang akan membuat tampilan jari kaki menjadi jauh lebih menarik. Selain pilihan warna cerah seperti pink atau putih, beberapa orang cenderung menyukai cat kuku berwarna gelap.

Namun, perlu diketahui bahwa bekas cat kuku berwarna gelap seperti cokelat atau hitam justru dapat menimbulkan noda pada kuku. Pasalnya, ketika cat kuku sudah mulai memudar hal ini akan membuat warna kuku kaki bisa berubah menjadi orange kekuningan.

2. Menggunakan Henna

Tak hanya penggunaan cat kuku, penyebab warna kuku berubah menjadi orange juga dapat disebabkan karena mewarnai kuku kaki dengan henna (pacar kuku). Henna berasal dari tanaman Lawsonia Inermis yang diketahui dapat memberikan warna orange pekat pada kuku, tak hanya itu henna juga sangat sulit dihilangkan.

Memang warna orange dari henna dapat menghilang dengan sendirinya, namun membutuhkan waktu yang lama. Itu sebabnya, semakin lama waktu henna menghilang akan semakin menyerap pula ke dalam keratin kuku sehingga kuku tampak berwarna orange. Tak hanya henna, kuku kaki juga bisa berwarna orange karena paparan kunyit dan rempah lainnya.

3. Infeksi Jamur

Salah satu penyebab kuku berwarna orange yang patut anda waspadai adalah, infeksi jamur kuku. Pasalnya, kondisi ini terjadi karena jamur dermatofita berkembang secara tidak terkendali di sekitar kuku.

Biasanya, kondisi kaki yang lembab dan berkeringat yang menjadi pemicunya. Bila anda perhatikan, penyakit kuku kaki ini dapat ditandai dengan bintik putih, kuning, orange, hingga kecoklatan. Adapun bintik tersebut dapat semakin meluas, jika infeksi jamur semakin parah.

4. Penyakit Paru-Paru

Kuku kaki dengan warna kuning atau orange dapat menandakan adanya masalah pada paru-paru. Diperkirakan 2 dari 5 dengan sindrom kuku kuning, mengalami penumpukan cairan di jaringan paru-paru.

Kondisi ini kadang diikuti dengan batuk kronis, infeksi sinus berulang, atau pneumonia. Adapun bila anda perhatikan, kondisi kuku penderitanya akan menipis, melengkung, dan bahkan berhenti tumbuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru