BerandaNewsEkobizMendag Zulhas Ngaku Tak Suka Impor, Tapi ...

Mendag Zulhas Ngaku Tak Suka Impor, Tapi …

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas mengaku, bahwa dirinya seyogianya tidak menyukai impor.

Namun ia harus pasrah untuk berhadapan dengan importasi karena jabatan yang diembannya saat ini, mengharuskan dirinya untuk mengurus masalah impor dan ekspor.

“Saya Menteri Perdagangan, urusannya impor dan ekspor. Tapi saya termasuk yang tak suka impor sebenarnya,” katanya dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (27/6).

Dia pun mengakui, impor beberapa komoditas pangan saat ini gila-gilaan jika dibandingkan tahun 2004 silam, saat dirinya masih menjabat sebagai anggota DPR RI.

Penerbit Iklan Google Adsense

Misalnya saja impor gandum, dulu di tahun 2004 hanya 2 sampai 3 juta ton. Namun kini di tahun 2022 meningkat hampir mencapai 13 juta ton.

“Saya sebagai anggota DPR mengkritik Menteri BUMN pada waktu itu. Kita impor gula 1 juta sampai 2 juta (ton), sekarang kita impor gula kira-kira 5 juta (ton) lebih setahun,” kata Zulhas.

Hal serupa terjadi pada impor buah. Meskipun jumlah impornya tergolong sedikit jika dibandingkan komoditas lain, volumenya cukup banyak jika dibandingkan pada tahun 2004 silam.

“Buah kita impor buah di tahun 2004 itu 50.000 ton, sekarang hampir 1 juta ton. Termasuk kelengkeng kering dan jeruk,” kata Mendag Zulhas.

Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun mengaku telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan pengendalian impor.

“Saya meminta arahan kepada Bapak Presiden apakah boleh mengendalikan impor,” katanya.

Dia menuturkan, dengan dikendalikan impor tersebut maka produksi dalam negeri oleh petani maupun pengusaha, diharapkan dapat meningkat.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS