Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Aparat Diminta Antisipasi Hoaks Penyelenggaraan Pemilu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara meminta kepada aparat keamanan untuk terus melakukan upaya antisipasi terhadap potensi penyebaran hoaks penyelenggaraan Pemilu.

Hal ini disampaikannya karena bukan tidak mungkin hoaks terkait penyelenggaraan Pemilu berdampak sangat negatif dan memiliki daya rusak yang luar biasa, khususnya dalam konteks demokrasi di Indonesia dan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kan sebenarnya sudah kebaca dari algoritmanya, ini direspons berapa, ini siapa saja (yang sebar hoaks, red),” kata Robi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (23/6) seperti dikutip Holopis.com.

Ia yakin, aparat negara memiliki kemampuan untuk menganalisa hoaks semacam itu. Sebab, Indonesia sudah berkali-kali menyelenggarakan Pemilu sehingga peta dan celah yang ada bisa lebih cepat diketahui dan ditindaklanjuti.

“Yang paling keras itu di Pemilu 2019. Aparat pasti harusnya sudah punya pola, catatan-catatan soal itu,” ujarnya.

Ditekankannya, sebagaimana tindak pidana terorisme, hoaks juga memiliki efek yang tidak kalah luar biasa. Sehingga aparat khususnya dan semua stakeholders harus mewaspadai serangan hoaks yang bisa muncul karena meningkatnya eskalasi politik di dalam negeri.

“Sama kayak terorisme, untuk mengantisipasi adanya ancaman bom di suatu wilayah, itu kan bom juga,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru