HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga lebat menurut prediksi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), masih akan terjadi di sejumlah kota besar pada Senin 19 Juni 2023.

Dikutip Holopis.com dari laman BMKG, Senin (19/6), hujan intensitas ringan di pagi hari berpeluang terjadi di Palangka Raya dan Samarinda. Sedangkan Mamuju diperkirakan dilanda hujan berintensitas sedang.

Kemudian di siang hari, wilayah Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Palangka Raya, Ambon, Jayapura, Manokwari, dan Manado berpeluang hujan ringan.

Wilayah Bandung, Ternate, dan Medan berpotensi diguyur hujan berintensitas sedang, sedangkan Jambi, Banjarmasin, dan Pangkal Pinang diperkirakan hujan disertai petir.

Pada malam hari, hujan ringan berpotensi membasahi wilayah Palangka Raya, Ambon, Pekanbaru, dan Mamuju. Wilayah Medan diperkirakan diguyur hujan berintensitas sedang. Adapun Bengkulu, Jambi, Tarakan, dan Palembang dilanda hujan lebat.

Hujan berintensitas ringan masih akan mengguyur beberapa kota besar di Indonesia pada dini hari, seperti di Serang, Jambi, Samarinda, Bandar Lampung, Ambon, Pekanbaru, dan Mamuju. Sedangkan hujan berintensitas sedang akan melanda wilayah Gorontalo.

Warga yang tinggal di daerah-daerah yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebaiknya meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi kemungkinan terjadi genangan atau banjir.