Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Satelit SATRIA-1 Dipastikan Meluncur Sesuai Jadwal dari SpaceX

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peluncuran Satelit SATRIA-1 dipastikan bakal sesuai jadwal yang sudah diumumkan SpaceX yakni pada Senin (19/6) pukul 05.04 WIB.

“SpaceX telah mengumumkan bahwa jadwal peluncuran satelit yang direncanakan pada 18 Juni 2023 pukul 18.04 waktu setempat atau 19 Juni pukul 05.04 Waktu Indonesia barat,” kata Plt Dirut Bakti Kominfo Arief Tri Hardiyanto dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (18/6).

Arief juga mengatakan, pihaknya belum melihat adanya indikasi perubahan jadwal peluncuran. Ia juga berharap, cuaca saat peluncuran akan mendukung hingga dapat mencapai slot orbit 146 derajat Bujur Timur.

“Dapat kami sampaikan bahwa jadwal tersebut masih on schedule atau belum ada indikasi untuk bergeser,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan kunjungan ke Boeing, SpaceX, dan Hughes Network System. Kunjungan tersebut, dalam rangka melihat dan memastikan progres pembuatan satelit Hot Backup Satelite (HBS) untuk Indonesia.

“HBS dipilih dalam rangka menyediakan dukungan cadangan untuk memitigasi segala risiko yang mungkin terjadi pada satelit SATRIA-1. Selain memiliki fungsi utama sebagai cadangan bagi SATRIA-1, penyediaan HBS bertujuan untuk menambah kecepatan internet dan meningkatkan user experience,” ujar Dirut BAKTI Kominfo, Anang Latief (25/7).

Ketiga perusahaan tersebut punya tanggung jawab masing – masing, mulai dari Boeing yang bertanggung jawab sebagai perusahaan manufaktur satelit untuk proyek Hot Backup Satellite (HBS).

Kemudian, SpaceX bertanggung jawab sebagai penyedia roket peluncur (rocket launcher) untuk HBS tersebut. Terakhir, Hughes Network System menjadi perusahaan yang menyediakan solusi broadband bagi satelit dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) yang digunakan HBS.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru