BerandaNewsRagamPemerintah Bakal Pelototi Pengelolaan Anggaran Kawasan Perbatasan

Pemerintah Bakal Pelototi Pengelolaan Anggaran Kawasan Perbatasan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah pusat diketahui telah menganggarkan dana senilai Rp7,7 triliun untuk pengelolaan kawasan perbatasan negara pada tahun 2023 ini. Anggaran tersebut tersebar di sejumlah Kementerian dan pemerintah daerah (Pemda).

Adapun dalam pengelolaan anggaran tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan melakukan pengawasan, agar anggaran tersebut tidak digunakan untuk urusan selain pembangunan di kawasan perbatasan.

“Itulah tugas kami untuk mengarahkan dan mengawasi dan melakukan evaluasi,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (17/6).

Tito mengatakan, bahwa komitmen pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah melakukan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok daerah. Sehingga pembangunan tidak hanya terpusat di kota, tapi juga hingga ke daerah pinggiran, baik desa maupun kawasan perbatasan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Pun anggaran yang digunakan untuk pembangunan di kawasan perbatasan, kata Tito, dapat menggunakan skema Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Dana Alokasi Khusus (DAK) dari kementerian pusat yang dimasukkan ke dalam APBD daerah, bukan murni uang daerah. Kalau daerah itu uangnya DAU (Dana Alokasi Umum) dan DBH (Dana Bagi Hasil),” elas Tito.

Dia pun mencontohkan, saat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki anggaran dengan mata anggaran untuk membangun infrastruktur di daerah perbatasan, maka bisa dikerjakan PUPR sendiri atau dikerjakan oleh Pemda melalui skema DAK.

Sampai saat ini, lanjut Tito, pihaknya di Kemendagri masih menunggu usulan kebutuhan dari daerah perbatasan. Nantinya, usulan itu akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran di kementerian atau lembaga terkait.

Jikalau nantinya kementerian atau lembaga tidak memiliki konsep penggunaan anggaran, nantinya dapat diarahkan sesuai dengan permintaan.

“Nanti kita bisa masukan dalam usulan untuk programnya, tapi yang penting uang yang digunakan tepat untuk perbatasan,” tutup Tito.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hujan Deras, Turap Dinding Tol JORR Bintaro Longsor

HOLOPIS.COM, TANGSEL - Akibat hujan deras turap dinding di bantara ruas Tol JORR, di Jalan Mulia Bhakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan longsor, sekitar pukul...

Tahun Baru Islam Libur Nasional? Begini Ketentuannya

Biasanya, pemerintah menetapkan perayaan keagamaan seperti tahun baru Islam sebagai sebagai libur nasional. Lantas, apakah tahun baru Islam 1446 Hijriah masuk dalam daftar hari libur nasional?

Menag Ajak Umat Jadikan Tahun Baru Islam Semangat Hijrah

Menag mengajak untuk menjadikan semangat tahun baru ini sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan perbaikan diri.

Rekomendasi Oleh-oleh di Jakarta Fair 2024 Untuk Dibawa Pulang

Jakarta Fair Kemayoran 2024 masih berlangsung, masih banyak yang bisa dikunjungi. Salah satunya, yakni oleh-oleh yang bisa didapatkan tanpa perlu jauh-jauh ke kota asalnya.

Puslabfor Masih Menyelidiki Kebakaran Revo Mall Bekasi

Bekasi,Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji menyebutkan bahwa penyebab kebakaran Revo Mall yang terjadi pada Sabtu 22 Juni 2024 lalu belum diketahui,Untung juga menyebut...

Heru Akan Pasang Kembali Papan Plang Jakhabitat Yang Hilang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Papan plang Jakhabitat era Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rusunami Cilangkap, Jakarta Timur hilang. Hilangnya papan tersebut sempat diunggah...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS