BerandaNewsRagamKLHK : Indonesia Rugi Kalau Salju Abadi Terus Mencair

KLHK : Indonesia Rugi Kalau Salju Abadi Terus Mencair

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salju abadi di Indonesia yang ada di Gunung Puncak Jaya, Papua, terus mencair setiap tahun dan terancam hilang diakibatkan pemanasan global dan perubahan iklim.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), salju abadi di Gunung Puncak Jaya, adalah salah satu keunikan dunia yang ada di Indonesia. Jika salju abadi itu hilang, maka akan jadi kerugian besar bagi Indonesia.

Plt Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Ruandha Agung mengungkapkan, dari hasil inventarisir yang dilakukan BRIN tahun 2023 luas salju abadi tinggal 20 km persegi. Padahal, di tahun 1990-an masih ada seluas 200 km persegi.

“Dari perhitungan dan simulasi yang dilakukan BMKG, dengan temperatur yang semakin tinggi, salju abadi tersebut diperkirakan dalam beberapa tahun mendatang akan mencair semuanya. Sangat disayangkan kalau salah satu keunikan dunia di tropis itu sampai hilang,” ujarnya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Jumat (16/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Ruandha juga mengatakan, dampak perubahan iklim tidak hanya berdampak di Indonesia, tapi juga di dunia. Seperti mencairnya gunung es di kutub bumi, akibat temperatur suhu bumi yang meningkat.

Dampak mencairnya gunung es di kutub bumi, akan memicu kenaikan muka air laut. Selanjutnya, akan mengarah kepada abrasi pantai-pantai di Indonesia.

“Berbagai upaya tengah dilakukan Indonesia dalam mencegah kenaikan suhu global tidak lebih dari 1,5 derajat Celsius. Salah satu sektor utama dalam pengendalian perubahan iklim adalah kehutanan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS