Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Terima Keputusan MK, Partai Buruh Siap Ikuti Pelaksanaan Pemilu 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan bahwa pihaknya siap mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan sistem pemilihan legislatif (pileg) untuk pemilu 2024. Dimana MK menolak permohonan proporsional tertutup.

“Partai Buruh siap mengikuti pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024 dengan sistem proporsional terbuka sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi tersebut,” kata Said Iqbal dalam keterangannya kepada Holopis.com, Kamis (15/6).

Pun demikian, Iqbal mengingatkan bahwa yang paling penting dari pelaksanaan pemilu dengan sistem proporsional terbuka adalah bagaimana pemilu 2024 nanti harus bebas dari politik uang termasuk mahar politik untuk menjadi caleg dan capres.

Menurutnya, persoalan yang cukup fundamental dari pelaksanaan pemilu adalah masih banyak berlangsung politik uang, termasuk dalam pelaksanaan pemilu dengan proporsional terbuka.

Kunci utama menurut Iqbal adalah bagaimana hakim garis pemilu, yakni Bawaslu bisa bersikap tegas. Siapa pun yang melanggar aturan pemilu, wajib diberikan tindakan sesuai dengan porsinya.

“Penyelenggara pemilu harus benar-benar bebas dari tekanan dari parpol mana pun,” sambungnya

Sebelumnya, Ketua majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menyatakan dan memutuskan, bahwa permohonan para pemohon tentang sistem proporsional tertutup ditolak alias tidak diterima.

Hal itu disampaikan oleh Anwar Usman saat membacakan putusan perkara Nomor 114/PUU-XX/2022 tentang Pengujian Materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di ballroom sidang gedung Mahkamah Konstitusi, Gambir, Jakarta Pusat hari ini.

“Amar putusan, mengadili, dalam provisi, menolak permohonan provisi para pemohon, dalam pokok permohonan, menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” kata Anwar Usman.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PPP Tak Lolos Parlemen, Mardiono Janji Tanggung Jawab Penuh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menegaskan akan bertanggung jawab atas ditolaknya gugatan yang diajukan PPP terkait sengketa Pemilu 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Mardiono Kecewa PPP Tak Lolos Parlemen

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan PHPU Pileg yang diajukan oleh pihaknya.

Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru