BerandaNewsPolhukamRespublika Setuju Pertamina Hulu Energi Jadi IPO

Respublika Setuju Pertamina Hulu Energi Jadi IPO

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Pembina Kesatria Muda Respublika, Iwan Bento Wijaya menyambut baik rencana Pertamina Hulu Energi (PHE) menjadi IPO (Initial Public Offering).

“Rencana IPO Pertamina Hulu Energi (PHE) merupakan rencana yang sangat strategis di tengah berkurangnya pasokan energi khususnya minyak di dunia,” kata Iwan kepada Holopis.com, Kamis (15/6).

Menurutnya, kebutuhan pasokan energi di lintas negara masih menjadi isu yang perlu disikapi untuk meningkatkan performa perusahaan plat merah itu.

Apalagi kata dikatakan Iwan, Arab Saudi kabarnya tengah memangkas produksi minyak mereka 1 juta barel per hari hingga bulan Juli 2023. Lalu, kabarnya juga, salah satu negara penghasil minyak dan merupakan negara anggota OPEC+ (Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi) itu akan memangkas produksi minyak hingga setengah juta barel per hari sampai tahun 2024 mendatang.

Penerbit Iklan Google Adsense

Artinya, pasokan energi minyak tersebut akan menjadi persoalan yang cukup pelik khususnya bagi Indonesia.

“Berkurangnya jumlah minyak dunia yang beredar akan berdampak pada arus suplai komuditi minyak dunia,” ujarnya.

Situasi itu pun kata Iwan, akan rentan diperburuk dengan kondisi politik global. Salah satu yang kentara adalah konflik antara Rusia dan Ukraina yang hingga sampai saat ini belum juga usai.

“Ketidakpastian politik internasional dengan meningkatnya tensi konflik Rusia dan Ukraina serta ketegangan di selat Taiwan anatara china, Taiwan dan AS,” paparnya.

Oleh sebab itu, Iwan juga mendorong agar pemerintah Indonesia melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengambil langkah strategis untuk meningkatkan potensi blok minyak dan gas dalam negeri.

“Maka sangat perlulah Indonesia mengambil langkah strategis guna mengelola dan memaksimalkan potensi blok migas guna menciptakan ketahanan energi nasional,” tandasnya.

Lalu, startegi IPO ini menurut Iwan bisa memberikan kekuatan tambahan bagi Pertamina untuk selalu survive.

Apalagi, PT Pertamina Persero yang menjadi induk dari Pertamina Hulu Energi pun menjadi garda terdepan penugasan negara dalam mengelola sumur minyak Blok Masela yang telah dilepas Shell. Serta memberikan peluang pertamina dalam melakukan penelitian dalam mengelola blok migas di Papua yaitu Blok Seram.

“Maka langkah IPO PHE merupaka langkah strategis pemerintah guna memaksimalkan pengelolaan sumur minyak dan menjadi cerminan kehadiran negara dalam penguasaan sumber daya alam,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Mahfud Md Sebut Orang yang Tak Terima Hasil Pemilu Tidak Beradab

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD menyinggung adanya pihak yang masih tidak terima dengan hasil Pilpres 2024.

Dwi Rio Sambodo Minta Tinjau Ulang Penonaktifan NIK di Jakarta

DPRD DKI Jakarta meminta kaji ulang terhadap teknis penonaktifan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sebab, pihak dewan menerima banyak aduan terkait hal tersebut.

Pengamat Imbau Penambahan Angkutan Umum Libatkan Bappenas dan Kemendagri

Djoko Setijowarno meminta kepada pemerintah dalam melakukan pembenahan angkutan umum tidak berhenti sampai tingkat Kementerian Perhubungan, sebab keterlibatan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Dalam Negeri juga diperlukan.

Bamsoet Anggap Tempo Tak Profesional Angkat Berita S2-nya

Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta semua jurnalis melakukan kegiatan profesinya secara profesional dan patuh pada kode etik jurnalistik (KEJ). Salah satunya terkait dengan pemberitaan dirinya yang dianggap telah terjadi pengaburan fakta oleh TEMPO Media Group.

Tok! Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan Dikabulkan Hakim, Polda Jabar Kalah Telak

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan atas status tersangka yang telah dilakukan oleh Ditreskrimum Polda Jawa Barat terkait kasus pembunuhan Vina dan Eky Cirebon.

Putusan Praperadilan Pegi Setiawan Dibacakan Hari Ini

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung dijadwalkan membacakan putusan praperadilan yang diajukannya, menentukan nasib Pegi dalam menghadapi proses hukum selanjutnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS