Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dikritik soal IKN Diawasi Bule, Luhut Malah Singgung Mutu SDM Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pernyataan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan tentang rencana pemerintah yang akan mempekerjakan tenaga asing sebagai pengawas pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menuai kritikan dari banyak pihak.

Merespon kritikan tersebut, Luhut malah menyebut, bahwa Indonesia terkadang munafik. Dia lantas menyinggung kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Ia menganggap, SDM Indonesia sampai saat ini masih belum cukup kompeten dalam hal pembangunan.

“Kita kadang-kadang ini munafik, saya bilang pengawasan pembangunan ibu kota baru kita hire (perkerjakan) orang-orang bule aja marah. Masa kita nggak bisa? emang nggak bisa,” kata Luhut dalam keterangannya sebagaimana dikutip Holopis.com, Selasa (13/6).

Luhut pun menjelaskan, bahwa maksud dari pemerintah mempekerjakan tenaga asing dalam proyek pembangunan dalam negeri, supaya tenaga kerja Indonesia dapat menyerap ilmu atau teknologi baru dari luar.

“Jadi kita belajar dari mana saja, sepanjang itu tadi untuk kepentingan nasional kita nggak usah ragu-ragu,” dalihnya.

Menurutnya, jauh lebih baik bila Indonesia dapat mempekerjakan tenaga asing yang lebih ahli dalam melakukan pembangunan. Namun dalam prosesnya, turut disertakan tenaga kerja dalam negeri agar tercipta transfer teknologi/pengetahuan.

“Kualitasnya kadang masih rada miring-miring. Kita pake aja dulu dia (para bule). Nanti sambil jalan kita masukin orang Indonesia lagi, seperti yang kejadian di industri-industri integrity kita,” jelasnya.

Luhut lantas berpendapat, bahwa kualitas tenaga kerja Indonesia sejauh sudah cukup baik. Namun untuk formasi pengawas pembangunan mega proyek IKN, Luhut memandang tenaga kerja Indonesia masih perlu banyak belajar.

“Kita gak perlu malu. Jangan kita jadi inferior bahwa kita gak bisa. Tapi kalau kita memang gak bisa, belajar!” tandas Luhut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru