Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBPS Catat Inflasi Mei 0,09 Persen, Terendah Sepanjang 2023

BPS Catat Inflasi Mei 0,09 Persen, Terendah Sepanjang 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi Indonesia per Mei 2023 secara bulanan sebesar 0,09 persen month to month (mtm).

Sementara secara tahunan, tingkat inflasi di bulan Mei 2023 ini tercatat sebesar 4 persen year on year (yoy), dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,84.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini mengatakan, bahwa tingkat inflasi di bulan Mei 2023 ini, baik secara bulanan maupun tahunan mengalami penyusutan. Bahkan secara bulanan, angka inflasi pada Mei ini terendah sepanjang tahun 2023.

“Penurunan tingkat inflasi Mei 2023 utamanya disumbang oleh penurunan harga secara umum pada kelompok transportasi serta kelompok pakaian dan alas kaki,” ungkap Pudji dalam konferensi pers virtual yang dikutip Holopis.com, Senin (5/6).

Adapun untuk komponen harga diatur pemerintah (administered prices) secara bulanan mengalami deflasi sebesar 0,25 persen mtm.

“Penyumbang utama deflasi tersebut adalah komoditas tarif angkutan udara dan tarif angkutan antar kota,” tutur Pudji.

Sementara untuk inflasi komponen inti tercatat sebesar 0,06 persen mtm, lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yag mencapai 0,29 persen.

Adapun komoditas yang dominan memberikan andil terhadap inflasi komponen inti adalah mobil, sewa rumah, air kemasan, dan upah asisten rumah tangga.

“Andil inflasi komponen inti sebesar 0,04 persen,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.