Salah satu faktor utama yang membuat elektabilitas Prabowo semakin meninggalkan Ganjar adalah terjadi arus migrasi simpatisan Jokowi yang semula banyak memilih Ganjar dan undecided (belum punya pilihan) kini menjatuhkan pilihannya pada Prabowo.

Begitu pula konstituen PDI Perjuangan, lambat tapi pasti mulai banyak yang melirik sosok Menteri Pertahanan tersebut meski mayoritas pemilih partai besutan Megawati itu masih mendukung Ganjar.

Menguatnya elektabilitas Prabowo juga dipengaruhi oleh perubahan persepsi publik terhadap sosok Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Isu-isu negatif (black campaign) yang terus diekspose oleh lawan-lawan politik ternyata tidak lagi efektif mempengaruhi opini publik terhadap sosok Prabowo.

Sebaliknya Prabowo semakin memperoleh simpati dan empati dari publik luas, baik karena kinerjanya yang sangat baik sebagai Menteri Pertahanan maupun kepribadiannya sebagai negarawan yang semakin matang dan konsisten mengutamakan kepentingan nasional di atas segalanya.

Survei SRS diketahui dilakukan pada 20 s/d 30 Mei 2023 di 38 kabupaten/kota di seluruh provinsi Jawa Timur. Populasi dari survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Jawa Timur dan telah berumur minimal 17 tahun (memiliki e-KTP).

Jumlah sampel sebanyak 1.000 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara melalui telepon dengan responden dipandu dengan kuesioner.

Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan dalam survei ini sebesar +/- 3,1% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Validasi data mengacu pada data kependudukan yang dikeluarkan Biro Pusat Statistik (BPS).