Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

1216 Napi Terima Remisi Khusus Waisak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham memberikan remisi khusus kepada total ribuan narapidana di seluruh Indonesia dalam rangka hari raya Waisak.

Koordinator Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti mengatakan, ada sekitar 782 Pelaku Tindak Pidana Korupsi dan 434 Pelaku Tindak Pidana Umum se-Indonesia memperoleh Remisi Khusus tersebut.

“Total penerima RK Waisak sebanyak 1216 orang narapidana,” kata Rika dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (4/6).

Dari jumlah tersebut, 1.209 orang menerima RK I, yaitu masih harus menjalani sisa pidana setelah memperoleh pengurangan masa pidana sebagian.

“Sedangkan ada 7 orang lainnya menerima RK II atau langsung bebas,” imbuhnya.

Pemberian RK Waisak ini pun diklaim adalah merupakan hak narapidana beragama Buddha sekaligus bentuk penghargaan negara kepada WBP yang telah berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

“RK tidak serta-merta diberikan kepada semua WBP yang beragama Buddha, melainkan hanya kepada mereka yang telah mengikuti kegiatan pembinaan dengan baik dan terus berupaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” terangnya.

Dalam hal ini, WBP yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif seperti diatur undang-undang dan regulasi lainnya.

“Tidak ada diskriminasi dalam pemberian remisi karena selama memenuhi persyaratan, WBP dipastikan dapat memperoleh haknya dengan mudah,” klaimnya.

Rika menambahkan, penerima RK Waisak 2023 atau 2567 BE terbanyak berasal dari wilayah Sumatra Utara sejumlah 233 orang, disusul Kalimantan Barat 173 orang, DKI Jakarta 154 orang, dan Banten 131 orang.

Terakhir, disampaikan pemberian RK Waisak ini diproyeksikan dapat menghemat biaya makan narapidana hingga Rp677.280.000.

“Pemberian RK Waisak diproyeksikan menghemat biaya makan narapidana hingga Rp677, 280 juta,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...

Jokowi Bakal Lantik Pengganti Definitif Pramono Anung

Pihak Istana tidak menampik adanya peluang Presiden Jokowi (Joko Widdodo) untuk melantik Sekertaris Kabinet definitif pengganti Pramono Anung.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru