Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Prabowo Subianto Dorong Peran Aktif PBB Tangani Konflik Rusia-Ukraina

HOLOPIS.COM, SINGAPURA – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menyampaikan masukannya mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghentikan konflik antara Rusia dengan Ukraina.

Hal tersebut disampaikan Prabowo Subianto saat menjadi pembicara di acara International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 20th Asia Security Summit, Singapura.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengajak dengan sangat kepada saudara-saudara kita di Ukraina dan di Rusia untuk segera menghentikan permusuhan,” kata Prabowo Subianto dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (3/6).

Dalam masukannya tersebut, setidaknya ada lima poin yang menjadi penekanan demi menghentikan konflik tersebut. Mulai dari gencatan senjata serta saling mundur masing-masing 15 kilometer ke baris baru (belakang) dari posisi depan masing-masing negara saat ini.

Prabowo juga meminta agar segera dibentuknya pasukan pemantau dan menyarankan PBB diterjunkan di sepanjang zona demiliterisasi baru kedua negara itu.

“Pasukan pemantau dan ahli dari PBB yang terdiri dari kontingen dari negara-negara yang disepakati oleh Ukraina dan Rusia,” imbuhnya.

Prabowo juga menyarankan agar PBB harus mengorganisir dan melaksanakan referendum di wilayah sengketa untuk memastikan secara objektif keinginan mayoritas penduduk dari berbagai wilayah sengketa.

“Setidaknya, mari kita coba ajukan beberapa rekomendasi konkret sehingga pertemuan seperti Dialog Shangri-La akan memiliki substansi dan makna yang lebih,” pesannya.

Mantan Danjen Kopassus tersebut menambahkan, akan selalu ada dua versi perspektif dalam setiap konflik di antara kedua belah pihak yang berseteru dengan masing – masing akan merasa benar.

Tetapi untuk keamanan dunia, untuk keselamatan orang yang tidak bersalah, Menhan menegaskan permusuhan harus dihentikan secepat mungkin.

“Perdamaian jauh lebih baik daripada kehancuran besar-besaran dan korban jiwa dari banyak orang yang tidak bersalah,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru