Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanKetahui Penyebab dan Cara Mengobati Darah Manis

Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Darah Manis

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Darah manis merupakan kondisi yang dalam dunia medis disebut prurigo. Penyakit ini ditandai dengan rasa sangat gatal di kulit, serta munculnya benjolan kecil berwarna merah. Umumnya, benjolan ini muncul di area lengan atau kaki namun juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya.

Bila digaruk terus-menerus, benjolan akan menjadi koreng bahkan dapat terinfeksi. Selain itu, rasa gatal yang tak kunjung mereda juga dapat membuat penderitanya sulit tidur, namun tak perlu khawatir karena penyakit ini tidak menular. Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui penyebab dan cara mengobati darah manis, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Senin (29/5).

Penyebab Darah Manis

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab darah manis. Namun, dugaan para ahli kondisi ini disebabkan oleh gangguan pada sistem kekebalan tubuh dan saraf di kulit yang membuat penderitanya merasa sangat gatal.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain itu, beberapa orang yang menderita darah manis biasanya juga memiliki gangguan kulit lainnya. Gangguan-gangguan tersebut seperti kudis, kulit kering, dermatitis atopik (eksim), dan dermatitis kontak. Sehingga, kondisi-kondisi inilah yang dapat menyebabkan kulit gatal.

Perlu diketahui juga, darah manis lebih sering dialami oleh orang yang memiliki alergi, berusia 50 tahun atau lebih, atau memiliki penyakit tertentu. Seperti diabetes, penyakit ginjal, hepatitis C, HIV yang tak terkontrol, serta depresi.

Perawatan Darah Manis di Rumah

Penderita darah manis bisa melakukan perawatan secara mandiri dirumah, guna meredakan gatal serta mencegah luka garukan yang dapat terinfeksi, serta meninggalkan bekas di kulit. Berikut ini berbagai perawatan darah manis yang dapat anda lakukan di rumah:

1. Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu, pastikan kuku tetap pendek dan hindari menggaruk kulit agar tidak sampai luka ataupun terinfeksi.
2. Gunakan sabun mandi yang lembut, serta lotion guna menjaga kelembaban kulit.
3. Kelola stres.
4. Menjaga suhu ruangan tetap sejuk.

Cara Mengobati Darah Manis secara Medis

Selain melakukan perawatan darah manis di rumah, sebaiknya lakukan juga pengobatan darah manis dengan menggunakan beberapa obat yang dapat diresepkan dokter untuk meringankan keluhan tersebut, seperti:

1. Obat oles yang mengandung tacrolimus, guna meredakan peradangan atau mengandung vitamin D untuk memperlambat produksi sel kulit berlebih.
2. Antihistamin, untuk mengurangi rasa gatal.
3. Fototerapi, guna mengobati ruam dengan sinar khusus.
4. Kortikosteroid, untuk mengurangi peradangan serta iritasi.

Bila berbagai cara dan langkah di atas tak mampu meredakan rasa gatal akibat darah manis, atau anda memiliki keluhan gatal di kulit yang berlangsung lebih dari 2 minggu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter guna mendapatkan penanganan yan sesuai.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

HOLOPIS FEEDS